Mohon tunggu...
William Giovanni
William Giovanni Mohon Tunggu... Freelancer

| Financial Services and Tech Enthusiast | Tukang Ngemil | Pengguna Transpotasi Umum |

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Rajanya Diesel yang Semakin Irit BBM dan Ramah Lingkungan

28 April 2021   10:00 Diperbarui: 28 April 2021   10:09 1521 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rajanya Diesel yang Semakin Irit BBM dan Ramah Lingkungan
Sumber Foto: Website https://www.isuzuastra.com/isuzu-giga/isuzu-4x2/77-giga-fvr-34-l-new

Dalam perjalanan menuju suatu mal di daerah Tangerang, saya melintasi sebuah kantor yang ada di ruko. Kantor yang merupakan tempat saya pernah magang. Teringat masa-masa, saat dahulu mencari tempat magang.


Saya dan beberapa teman yang berada di dalam mobil Isuzu Panther, bepergian dari suatu tempat ke tempat lain. Setelah berkeliling, akhirnya kami menemukan tempat yang menerima anak magang. Bisa dibilang, Isuzu sudah menjadi bagian dari perjuangan hidup saya.

Sesampainya saya di dalam mal, saya duduk sejenak dan melihat notifikasi pada smartphone. Ada notifikasi berita, bahwa Panther akan "pensiun" di Indonesia, karena adanya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang implementasi kebijakan standar Euro 4 untuk kendaraan diesel pada April 2021.

Mengenal Pembelakukan Standar Euro


Standar emisi Euro adalah standar yang digunakan negara Eropa untuk kualitas udara di negara Eropa. Semakin tinggi standar Euro yang ditetapkan maka semakin kecil batas kandungan gas karbon dioksida, nitrogen oksida, karbon monoksida, volatil hidrokarbon, dan partikel lain yang berdampak negatif pada manusia dan lingkungan.

Untuk Euro 4, kandungan nitrogen oksida pada kendaraan berbahan bakar bensin tidak boleh lebih dari 80 miligram/km, 250 miligram/km untuk mesin diesel, dan 25 miligram/km untuk diesel particulate matter.


Lantas apa saja yang perlu disiapkan untuk mengikuti standar Euro 4? Salah satunya adalah kualitas bahan bakar, dalam hal ini menjadi tugas Pertamina untuk memenuhi standar bahan bakar minyak (BBM) untuk mesin berteknologi Euro 4.


Sejenak saya meneruskan membaca berita, lalu menemukan informasi bahwa karena adanya pandemi Covid-19, implementasi kebijakan standar Euro 4 untuk kendaraan diesel diundur dari April 2021 menjadi April 2022.


Masih ada waktu satu tahun, tidak hanya bagi Isuzu, tapi juga bagi brand kendaraan niaga lainnya untuk bersiap memenuhi perubahan mesin agar dapat lebih ramah lingkungan. Salah satunya dengan teknologi commonrail.

Mengenal Teknologi Commonrail

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN