Mohon tunggu...
William Giovanni
William Giovanni Mohon Tunggu... Content Creator

Mulai menulis blog sejak tahun 2013, penikmati matahari terbit, pengguna transportasi umum, dan suka ngemil.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Cara Jenius Menyiapkan Masa Depan Tanpa Beban

19 Juli 2017   14:41 Diperbarui: 19 Juli 2017   15:16 0 0 0 Mohon Tunggu...
Cara Jenius Menyiapkan Masa Depan Tanpa Beban
jenius-dengan-m-card-dan-x-card-1-596f1502880ecd1d836eb422.jpg

Suatu sore saya membuka akun Facebook saya, melihat berbagai postingan dari beberapa teman. Ada satu postingan yang menarik perhatian saya, saat ada tempat yang membagikan postingan "Balon Social Experiment". Sayapun menyasikan video tersebut dengan serius dan saya merasa "tersindir", banyak hal di masa depan yang ternyata tak terpikirkan oleh saya. Lebih suka ngopi, hangout, berbelanja, dan berlibur dengan uang yang dimiliki. Sayapun jadi terpikirkan mempersiapkan kehidupan di  masa depan.

Karena mempersiapkan masa depan adalah tanggung jawab saya sendiri, bukan tanggung jawab orang lain. Syukurlah saya menemukan cara untuk mempersiapkan masa depan, saya menemukan aplikasi Jenius. Awalnya saya ragu menggunakannya, saya mencoba dan menermukan banyak fitur menarik. Timbul pertanyaan,  apakah aplikasi Jenius adalah aplikasi yang aman? Sayapun menemukan jawabannya, ternyata Jenius adalah produk tabungan dari Bank BTPN. Sehingga aman karena Bank BTPN diawasi OJK dan uang yang disimpan dijamin LPS.

Tinggal melakukan pendaftaran lewat aplikasi Jenius, isi data-data pribadi dan tinggal menunggu kartu ATM dikimkan ke rumah. Di aplikasi Jenius saya menemukan ada fitur yang membantu saya mengatur keuangan, selain kartu ATM utama (m-Card) saya diberikan juga kartu virtual (e-Card) dan kartu ATM tambahan (x-Card). Jadi saya bisa memisahkan uang yang saya miliki ke berbagai kartu. Saat berbelanja saya toko fisik saya gunakan x-Card dan saat berbelanja online saya gunakan m-Card

Uang yang ada disimpan di akun Jenius mendapatkan bunga 1%, lumayan banget. Ternyata tidak hanya itu saja, Jenius juga punya fitur Flexi Saver dan Dream Saver dengan bunga 5%, serta Maxi Saver dengan bunga hingga 6,25%. Sayapun memilih menggunakan Flexi Saver untuk membantu saya menabung untuk mempersiapkan masa depan saya. Sebagai seorang freelancer yang penghasilannya tidak rutin, setiap saya mendapatkan penghasilan saya alokasikan 10% untuk Flexi Saver.

flexi-saver-save-it-jenius-1-596f1522880ecd1d5a1d1622.jpg
flexi-saver-save-it-jenius-1-596f1522880ecd1d5a1d1622.jpg
Mempersiapkan masa depan buka dilakukan dengan cara yang menderita, tapi menyenangkan dan dengan kesadaran diri. Saya yang ingin memiliki rencana untuk melakukan perjalanan rohani ke Yerusalem, tentunya saya menyisihkan sedikit demi sedikit dengan mengalokasikan 10% dari penghasilan setiap bulannya. Karena biaya hidup relatif tidak besar, gaya hidupnya yang biayanya besar. Sayapun tetap berbelanja dan hangout, tapi dengan budget yang tersedia di x-Card Jenius.

Mewujudkan prioritas di masa depan, saya lakukan dengan tujuan yang jelas terlebih dahulu. Sehingga saya bisa mewujudkan rencana masa depan dengan sesuai rencana, ada nilai dan jangka waktu untuk saya mengumpulkannya di Flexi Saver. Siapa yang pernah mengumpulkan uang, tapi tujuannya tidak jelas? Yang ada uangnya bisa terpakai, tanpa adanya tujuan keuangan yang jelas.