Mohon tunggu...
Tegar Herlambang
Tegar Herlambang Mohon Tunggu... Research | Education Observer | Public Health | Legal Observer

Hidup untuk kebaikan serta kebermanfaatan sebagai wujud refleksi penerimaan dan rasa syukur dari sesuatu yang telah kita butuhkan bukan sekedar yang kita inginkan.

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Jumlah Kasus Covid-19 Menurun, Benarkah?

12 Maret 2021   17:54 Diperbarui: 12 Maret 2021   20:04 36 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jumlah Kasus Covid-19 Menurun, Benarkah?
Ilustrasi Pasien Covid-19/kompas.com

Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia dalam beberapa hari terakhir terlihat menurun. Namun, benarkah tingkat penularan Covid-19 benar-benar menurun? Atau ini hanya ilusi? Masalahnya, penurunan kasus ini terjadi bersamaan dengan menurunnya jumlah tes. Padahal no test no case.

Tes, lacak dan isolasi adalah kunci penting untuk mengetahui tingkat penularan dan memutusnya. Tanpa tes yang memadai, kita bisa salah beranggapan bahwa penurunan kasus di Indonesia karena wabah sudah menurun. Urgensi tes dan lacak semakin penting di tengah munculnya varian baru yang lebih menular, salah satunya varian B.1.1.7 dari Inggris yang sudah dikonfirmasi di Jakarta, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Kalimantan Selatan.

Pemerintah wajib menunaikan kewajiban dengan memperbanyak tes gratis untuk masyarakat. Tes dini, selain untuk memutus rantai penularan juga untuk mencegah risiko kematian agar mereka yang positif dan butuh perawatan segera ditangani. Selain tes. Untuk itu, Satgas Covid-19 harus menyegerakan pembayaran tunggakan gaji ribuan tenaga lacak.

VIDEO PILIHAN