Mohon tunggu...
Koko Egar
Koko Egar Mohon Tunggu... Penulis

Seorang pelajar yang ingin mendalami dunia jurnalistik dan menyebarkan berita-berita bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Hadirnya Komunitas Pecinta Budaya Lokal Naungan Gerakan Pramuka

24 Januari 2020   20:13 Diperbarui: 24 Januari 2020   20:10 41 0 0 Mohon Tunggu...
Hadirnya Komunitas Pecinta Budaya Lokal Naungan Gerakan Pramuka
Logo Indonesian Scout Culture

Budaya lokal semakin terkikis oleh zaman, sedangkan budaya asing lebih diterima oleh generasi saat ini.Peran Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter untuk penerus bangsa mulai hadirkan komunitas untuk mengumpulkan orang-orang yang peduli akan budaya lokal.

Indonesian Scout Culture (ISC) yang dibentuk pada Minggu (5/1/20) digagas oleh Pramuka muda yang berasal dari Aceh, Bengkulu, dan Jawa Timur. Dibentuknya komunitas ini tetap berada dibawah naungan Gerakan Pramuka.

Pelindung ISC adalah Kak Djoko Adi Walujo salah satu Andalan Kwartir Nasional. Sedangkan penasihat ISC ada beberapa orang yang juga orang yang mendalami Pramuka dan juga berkompeten dalam budaya lokal.

Apa tujuan utama ISC ini dibentuk?

Tujuan utamanya adalah menyatukan aspirasi tentang pentingnya budaya lokal yang seiring waktu semakin tertelan oleh zaman.

Kenapa dibawah naungan Gerakan Pramuka?

Karena Pramuka adalah wadah bagi generasi bangsa yang sangat peduli akan berkembangnya bangsa ini. Karena berkembangnya bangsa juga harus diimbangi oleh budaya yang tetap terjaga.

Rencananya, ISC ini akan mengadakan kegiatan nasional jika sudah dilegalkan oleh Kwartir Nasional, karena saat ini masih dalam proses pelegalan sesuai dengan Jukran Sako yang ada.

Harapannya, dengan adanya komunitas ini budaya lokal tetap terjaga dan semakin diminati oleh generasi muda. Dan juga dengan komunitas ini, kita bisa membuat budaya lokal bisa diterima dengan cara mengemasnya secara modern lagi. (Koko Egar)

VIDEO PILIHAN