Mohon tunggu...
Koko Dwiyanto
Koko Dwiyanto Mohon Tunggu... Bukan Penulis

Bukan apa apa, mimpi itu bukan terlalu tinggi, hanya saja kau yang merasa terlalu rendah,, 😉

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Inilah Alasan, Kenapa Kabel Earphone Panjang Sebelah

19 Oktober 2017   09:05 Diperbarui: 19 Oktober 2017   09:17 0 0 0 Mohon Tunggu...

Jika kalian salah satu pendengar musik, pasti kalian pernah menggunakan earphone untuk mendengarkannya. Tapi pernahkah kalian perhatikan, kabel earphone sebelah kiri lebih pendek ketimbang sebelah kanan?

Bila kalian bertanya kenapa kabel earphone panjang sebelah, mari simak tulisan saya ini. 

Bila kita perhatikan lebih jelas, pada earphone biasanya terdapat tulisan huruf L dan R (jika disingkat jadi LDR, hehe). L (Left/Kiri) kabel ini biasanya lebih pendek, dan R (Right/Kanan) kabel ini biasanya lebih panjang.

Jadi salah satu alasan kenapa kabel earphone panjang sebelah, adalah agar ketika dalam tempat gelap kita mudah membedakan mana earphone sebelah kanan, dan mana earphone sebelah kiri.

Manusia memiliki 2 telinga, yakni kiri dan kanan. Ketika kita menggunakan kedua earphone, efek suara akan lebih nyata dari pada hanya menggunakan satu earphone. Pernahkah kalian mendengarkan musik yang seperti berjalan dari kanan ke kiri atau memutari kepala? hal itu dinamakan efek stereo dan surround.

Alasan lainnya adalah untuk mempermudah pengguna saat menaruh handphone atau pemutar musik yang dicolokkan ke earphone yang ada di kantong sebelah kiri.

Ketika kita mendengarkan musik dari handphone menggunakan earphone, dan handphone kita diletakan di saku sebelah kiri, otomatis jarak nya lebih mudah menggunakan earphone kanan yang lebih panjang.

Itulah beberapa alasan kenapa kabel earphone panjang sebelah. Semoga informasi ini bermanfaat. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x