Humaniora

Dengan Alat Tradisional, Babinsa Pringapus Bantu Petani Olah Lahan Pertanian

7 Desember 2018   18:40 Diperbarui: 7 Desember 2018   19:01 62 0 0
Dengan Alat Tradisional, Babinsa Pringapus Bantu Petani Olah Lahan Pertanian
Sumber Foto Gambar : Dokumentasi Kodim 0806/Trenggalek

TRENGGALEK-- Anggota Babinsa Koramil 0806/13 Dongko Kodim 0806 Trenggalek Koptu Sutikno melaksanakan pendampingan swasembada pangan dengan membantu petani menyiapkan lahan untuk persiapan tanam padi di Desa Pringapus, Kecamatan Dongko, Trenggalek, Jum'at (07/12/18).

Dalam hal ini, Koptu Sutikno mengatakan, Kegiatan pengolahan lahan pertanian dilaksanakan di area persawahan milik bapak Tukadi (65) warga Rt 02/03 Dusun Dawung, Desa Pringapus yang merupakan anggota dari Kelompok Tani Sejahtera  untuk di tanami padi dengan luas lahan  1 Ha.

Penyiapan lahan tersebut diantaranya dengan membalik dan melumatkan tanah dengan cara dicangkul kemudian diratakan. Kemudian Galangan atau pematang sawah pun diperbaiki agar aliran air tidak bocor kemana-mana. Kegiatan yang dilaksanakan tersebut sambil menunggu bibit tumbuh sampai siap ditanam.

Semenatara itu, pemilik lahan Tukadi (65), menyampaikan dengan adanya bantuan dari para Babinsa mereka dapat menyelesaikan berbagai kegiatan bercocok tanam dengan cepat dan benar. Dirinya juga sangat berterima kasih kepada para Babinsa yang tulus ikhlas dan penuh semangat dalam membantu dalam bercocok tanam padi," ulasnya.(Fr)