Mohon tunggu...
team kmn
team kmn Mohon Tunggu...

Merupakan salah satu jaringan klinik mata terbesar di Indonesia, KLINIK MATA NUSANTARA dilengkapi dengan layanan konsultasi mata terpadu dan fasilitas bedah mata tanpa rawat inap, didukung oleh tim dokter spesialis mata yang berpengalaman, teknologi diagnostik dan pengobatan terkini.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Apakah Hanya Orang Tua yang Katarak?

23 Juli 2010   09:42 Diperbarui: 26 Juni 2015   14:39 828 0 0 Mohon Tunggu...

[caption id="attachment_202571" align="alignleft" width="300" caption="mata sehat"][/caption] Melihat judulnya tentu bagi kita yang merasa masih muda jadi penasaran ingin tahu apakah benar judul tulisan ini? Sebelum mengetahui jawabannya ada baiknya kita mengetahui apa itu katarak, penyebab katarak, gejala katarak, operasi katarak. Katarak adalah perubahan lensa mata yang tadinya jernih dan tembus cahaya menjadi keruh, sehingga menyebabkan gangguan pada penglihatan mata. Apa penyebab katarak? Katarak umumnya merupakan proses penuaan. Paparan sinar ultra violet jangka panjang, penggunaan obat-obatan dan penyakit tertentu seperti diabetes juga dapat mempercepat timbulnya katarak. Katarak juga dapat terjadi saat lahir atau trauma pada mata. Beberapa gejala umum katarak antara lain:

  1. Pandangan kabur yang tidak dapat di koreksi dengan kacamata atau ukuran kacamata yang selalu berubah
  2. Warna-warna tampak kusam
  3. Susah melihat di tempat yang terang karena silau
  4. Kesulitan saat membaca atau  mengemudi di malam hari

[caption id="attachment_202576" align="alignnone" width="212" caption="dilihat dengan mata normal"][/caption] [caption id="attachment_202575" align="alignnone" width="212" caption="dilihat dengan mata katarak"][/caption] Jika gejala-gejala diatas pernah anda alami, ada baiknya segera periksakan mata anda, karena dokter akan mendiagnosa apakah mata anda katarak. Dokter mata anda biasanya akan merekomendasikan operasi katarak pada saat anda merasa penglihatan anda tidak dapat diperbaiki dengan kacamata dan cukup mengganggu kegiatan sehari-hari. Di Klinik Mata Nusantara (KMN) dokter spesialis mata melakukan operasi katarak dengan teknik terkini, mesin dan alat-alat tercanggih, sehingga operasi katarak saat ini lebih aman dan nyaman. Lebih dari 95% operasi katarak di KMN menggunakan teknik Fakoemulsifikasi (Phaco-emulsification). Fako-emulsifikasi adalah teknik operasi katarak yang paling canggih saat ini, menggunakan irisan yang sangat kecil (kurang dari 3mm) pada sisi kornea. Alat fakoemulsifikasi digunakan untuk melunakkan (emulsifikasi) dan mengeluarkan lensa katarak pada saat yang bersamaan. Setelah itu, lensa intra-okuler (IOL) yang dapat dilipat dimasukkan ke dalam mata. Operasi selesai tanpa memerlukan jahitan. Waktu operasi biasanya kurang dari 30 menit. Di Klinik Mata Nusantara (KMN) juga sudah tersedia mesin Fakoemulsifikasi Ozil yang membuat operasi menjadi lebih mudah dan cepat. Dengan teknik operasi modern, Anda tidak perlu menginap di rumah sakit dan dapat segera kembali beraktifitas. www.klinikmatanusantara.com

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x