Kwee Minglie
Kwee Minglie lainnya

Motto : Hiduplah bermanfaaat bagi orang banyak

Selanjutnya

Tutup

Politik

Pilpres, Banyak Kritik Tidak Yakin Diri

12 Oktober 2018   15:56 Diperbarui: 12 Oktober 2018   15:56 335 0 0

Bagi seorang capres, jika yakin diri tidak akan banyak mengkritik lawannya, sebaliknya ia akan mencari terobosan baru memperjuangkan programnya untuk meyakini pemilih bahwa dirinya mampu memperbaiki bangsa dan negara.

Jika seorang capres, hanya selalu bicara dan membesar-besarkan kelemahan pihak lawan, bahkan kualitas lawannya tidak sebaik dirinya, itu menunjukan bahwa capres ini tidak ada program, selainnya mencari kesalahan tanpa ada solusi.  termasuk capres yang tidak menghargai dan memuji keberhasilan lawan, menunjukan dirinya kualitas rendah.

Capres yang baik, ia tidak kuatir dengan pertahana, justru ia akan memuji dan menghargai keberhasilan pertahana, namun ia dapat mengemukakan bahwa dirinya akan bisa lebih baik dengan membuktikan program-program yang meyakinkan pemilih bahwa dirinya mampu. Ini akan membuktikan bahwa dirinya adalah birokrat yang hebat, negarawan yang tidak pura-pura dengan cara menutupi kelemahan diri.  

Kualitas seseorang dibuktikan dengan perilaku sejalan dengan ucapan, tidak hanya berkoar yang tidak berisi. membuat suasana keruh dan bermotivasi memecah belah untuk mencari pengaruh.  justru saat ini rakyat sudah jera dengan janji-janji, melainkan bukti nyata akan berbcara. 

Pertahana sebaiknya, selain menunjukan keberhasilan, tidak ragu-ragu juga dari pengalaman  akan memperbaiki yang dirasa kurang atau gagal, karena disitu akan meyakinikan pemilih, bahwa pemimpin itu sangat lapang dada dan rendah diri. karena pemimpin yang baik, tidak akan mengulangi kesalahan masa lalu, tentu ada solusi setelah mengevaluasi dan dijadikan program baru yang akan datang.

Bagi lawan pertahana, seyoganya juga tidak ragu-ragu memuji keberhasilan pertahana, namun buatlah program yang lebih baik, dan meyakini pemilih bahwa dirinya mampu berbuat yang menguntungkan bangsa dan negara. khususnya mensejahterakan rakyat.  Jauhilah segala kritikan yang tidak membangun, apalagi tidak berdasar dan asal diucapkan yang bermotivasi memecah bangsa dengan cara yang keji. rebutlah simpati pemilih bahwa anda memang benar bisa dipercaya dan berkemampuan dengan bukti berbagai track record yang dimiliki. ini akan sangat menguntungkan bagi calon yang berhadapan dengan pertahana. buktikan diri anda bahwa anda berjiwa besar yang mampu melihat hal besar yang belum dilihat oleh pertahana.  

Bangsa dan negara ini, sejak memasuki alam demokrasi, dirasakan kebebasan itu sudah melampaui kewajaran, sehingga berdampak buruk yang mudah dibaca dari beredarnya fitnah dan berita hoax yang tidak terkontrol. fenomena buruk ini sudah harus diakhiri. sadar atau tidak bahwa untuk bisa maju dan bersaing  amatlah sulit. terlalu berat kita memikul beban bangsa  kerdil yang tidak bisa saling menghargai yang dilakukan oleh oknum elite politik yang tidak bertanggungjawab.  semoga pilpres tahun 2019, bangsa ini bisa menunjukan kualitas diri yang bisa dikagumi oleh bangsa sendiri dan bangsa lain.