Mohon tunggu...
Muhammad Mukhlisin
Muhammad Mukhlisin Mohon Tunggu... Guru - Menulis untuk berbagi tips, pengalaman dan cerita kehidupan

Pengajar, Trainer, Fasilitator Keragaman Menulis soal pendidikan, personal development, keluarga, dan kemanusiaan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Selamat Jalan Azyumardi Azra, Intelektual Muslim Pejuang Kemanusiaan

18 September 2022   22:53 Diperbarui: 18 September 2022   23:29 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Azyumardi Azra. Sumber Foto: Detik.com

Kabar mengejutkan Minggu sore ini. Salah satu Guru Besar di Almamater saya kuliah dulu, Prof. Azyumardi Azra meninggal dunia. Azyumardi Azra, adalah seorang intelektual muslim sekaligus pejuang nilai-nilai kemanusiaan. Beliau meninggal dunia Minggu, 18 September 2022 di Malaysia. 

Menurut saya, Azyumardi adalah salah satu cendekiawan muslim berpengaruh di Indonesia dan internasional. Dia mendedikasikan hidupnya menyumbangkan pemikiran-pemikiran bagi dunia keislaman, pendidikan, demokrasi, dan kemanusiaan. Azyumardi saat ini juga tercatat sebagai Ketua Dewan Pers. 

Azyumardi Azra dikabarkan meninggal pada pukul 11.30 WIB atau 12.30 waktu Malaysia di RS Serdang, Selangor, Malaysia. Dari berbagai informasi yang berkembang, Pihak RS Serdang, Selangor mengonfirmasi bahwa almarhum mengalami kelainan pada jantung.

Kiprah Azyumardi Azra, konsisten di jalur pendidikan dan keilmuan 

Azyumardi menamatkan gelar sarjana di Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 1982. Lalu mendapatkan gelar Master of Art (MA) di Universitas Columbia tahun 1988. Dan memperoleh gelar MA di kampus yang sama pada 1989. Pada 1992, ia memperoleh gelar Master of Philosophy (MPhil) dari Departemen Sejarah, Universitas Columbia tahun 1990, dan Doctor of Philosophy di kampus yang sama. 

Sejak tahun 1998 hingga akhir 2006 Azyumardi Azra adalah Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Lalu, pada Desember 2006 menjabat Direktur Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Melalui jalur akademis, Azyumardi memberikan kritik-kritik tajam soal pendidikan, demokrasi, dan kemanusiaan. Puluhan buku dan ratusan tulisan telah ia terbitkan di berbagai jurnal, penerbit, dan media. 

Karen jasa dan konsistensinya, Azyumardi Azra mendapatkan berbagai penghargaan 

Karena konsistensinya dan gagasannya, Azyumardi menjadi intelektual yang paling berpengaruh di dalam maupun luar negeri. Hal itu terbukti dari berbagai penghargaan yang ia dapatkan. 

Salah satunya mendapatkan penghargaan tertinggi dari Kerajaan Inggris, yakni "Commander of the Order of the British Empire" atau disingkat CBE. Azyumardi dinilai memberikan kontribusi penting sesua bidangnya.

Pada tahun 2017, Azyumardi juga mendapatkan penghargaan “The Order of the Rising Sun: Gold and silver Star" dari Kaisar Jepang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun