Mohon tunggu...
Klinik Akuntansi
Klinik Akuntansi Mohon Tunggu...

www.klinikakuntansi.com\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nIntegrated Accounting System Consultant\r\nFor Growth and Expand Your Business\r\n\r\nSebagai perusahaan konsultan akuntansi dan bisnis terpercaya Klinik Akuntansi - Pelayan UKM Spesialis Sistem Akuntansi Moderen - sangat responsif terhadap perkembangan dunia usaha kecil-menengah di Indonesia khususnya di Riau-Kepulauan Riau yang saat ini telah menjadi salah satu kota industry terbesar di Indonesia. Dengan niat tulus untuk menjadi salah satu pilar penopang perekonomian umat, Kami berperan aktif dalam memajukan masyarakat dan membantu membangun manajemen akuntansi perusahaan-perusahaan secara jujur, tersistem dan terarah. Sekarang kami hadir di Kompasiana untuk mempermudah Anda memperoleh informasi apapun mengenai implementasi sistem manajemen akuntansi.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Versi Akuntansi Syari’ah

9 Mei 2014   17:54 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:41 0 0 0 Mohon Tunggu...

Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian akuntansi syari’ah. Nah pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang versi dari akuntansi syari’ah itu sendiri. Untuk mengingatkan Anda pada pengertian akuntansi syari’ah berikut pengertiannya:

Akuntansi Syari’ah adalah suatu kegiatan identifikasi, klarifikasi, dan pelaporan melalui dalam mengambil keputusan ekonomi berdasarkan prinsip akad-akad syari’ah, yaitu tidak mengandung zhulum (Kezaliman), riba, maysir (judi), gharar (penipuan), barang yang haram, dan membahayakan.

Informasi lengkap mengenai pengertian akuntansi syari’ah bisa Anda lihat pada tulisan Pengertian Akuntansi Syari’ah. Sekarang kita masuk pada versi akuntansi syari’ah. Versi Akuntansi Syari’ah berdasarkan waktu penerapannya terbagi dua, yaitu:

1.Akuntansi syari’ah yang yang secara nyata telah diterapkan pada era dimana masyarakat menggunakan sistem nilai Islami khususnya pada era Nabi SAW, Khulaurrasyidiin, dan pemerintah Islam lainnya.

Akuntansi syari’ah dalam masa tersebut bisa dikatakan diterapkan dengan luar biasa baik. Hal itu tidak terlepas dari hukum yang berlaku pada waktu dan tempat itu adalah hukum yang berlandaskan syari’at Islam. Hal itu tentu membuat penerapannya lebih menyeluruh. Efek baik dari penerapannya juga sangat terasa. Jika mengambik contoh dari akuntansi zakat sebagai sebagai bentuk rill dari akuntansi syari’ah, maka pada masa itu baitul mall sebagai tempat pengelolaan harta berfungsi dengan sangat baik bagi masyarakatnya.

2.Akuntansi Syari’ah yang saat ini muncul dalam era dimana kegiatan ekonomi dan sosial dikuasai ( dihegemony) oleh sistem nilai kapitalis yang berbeda dari sistem nilai Islam.

Jika pada masa rasulullah, para sahabat dan kepemimpinan Islam tercermin pada penjelasan diatas, maka bagaimana dimasa ini? Pada masa ini sistem ekonomi merujuk pada nilai-nilai yang berbeda dengan prinsip Islam layaknya. Hal itu dikarenakan penguasaan kegiatan ekonomi dan sosial berporos pada basis non Islam.

Yang diharapkan dari sebuah sistem akuntansi tentunya adalah respon terhadap masyarakat yang dihadapina. Jika melihat respon dari masing-masing jenis akuntansi itu terhadap situasi masyarakat tentunya memiliki perbedaan. Namun tentu akuntansi sebagai sebuah produk harus bisa menyuplai kebutuhan masyarakat dan informasi pada masanya

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x