Mohon tunggu...
Klinik Akuntansi
Klinik Akuntansi Mohon Tunggu...

www.klinikakuntansi.com\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nIntegrated Accounting System Consultant\r\nFor Growth and Expand Your Business\r\n\r\nSebagai perusahaan konsultan akuntansi dan bisnis terpercaya Klinik Akuntansi - Pelayan UKM Spesialis Sistem Akuntansi Moderen - sangat responsif terhadap perkembangan dunia usaha kecil-menengah di Indonesia khususnya di Riau-Kepulauan Riau yang saat ini telah menjadi salah satu kota industry terbesar di Indonesia. Dengan niat tulus untuk menjadi salah satu pilar penopang perekonomian umat, Kami berperan aktif dalam memajukan masyarakat dan membantu membangun manajemen akuntansi perusahaan-perusahaan secara jujur, tersistem dan terarah. Sekarang kami hadir di Kompasiana untuk mempermudah Anda memperoleh informasi apapun mengenai implementasi sistem manajemen akuntansi.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Cara Membuat Laporan Keuangan Usaha Travel

14 Mei 2014   17:51 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:32 0 0 0 Mohon Tunggu...

Tulisan hari ini merupakan salah satu tulisan yang paling menarik karena membahas praktik dari ilmu akuntansi itu sendiri. Sesuai dengan judul, yang akan kita bahas adalah cara membuat laporan keuangan usaha travel.

Dalam membuat laporan keuangan, semua kuncinya berada pada kerangka Akuntansi. Karena itu agar bisa membuat laporan keuangan Anda harus menguasai kerangka sistem Akuntansi yang intinya bagaimana mencatat dan mengelompokan. Setiap transaksi keuangan adalah jelas sumbernya dan mempunyai efek terhadap perusahaan. Sebagai contoh bila perusahaan Anda menjual jasa maka Anda mendapat penghasilan biasanya disebut pendapatan jasa. Kalau pada perusahaan dagang disebut pendapatan penjualan. Intinya keduanya sama saja yang berbeda adalah produk yang dijual. Untuk itu semua catatan mengenai pendapatan jasa dijumlahkan dan ditempatkan pada kelompok penghasilan.

Disini saya mencoba meyakinkan Anda bahwa laporan keuangan itu sama yang berbeda adalah elemen yang ada pada suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Contoh yang lain kalau perusahaan dagang punya persediaan barang dagang sedangkan perusahaan jasa tidak punya persediaan.

Dalam melakukan operasional perusahaan Anda mengeluarkan bermacam-macam biaya. Masing-masing dijumlahkan berdasarkan kelompoknya dan tempatkan pada bagian biaya. Mungkin suatu ketika perusahaan Anda mendapatkan pengahasilan dari usaha diluar usaha pokok perusahaan Anda, itu dikelompokan pada pendapatan lain-lain atau pendapat diluar usaha.

Anda juga mungkin mengeluarkan biaya diluar usaha pokok perusahaan Anda dikelompokan pada biaya lain-lain. Setelah Anda mengetahui Anda punya keuntungan / laba sebesar sekian rupiah, maka Anda dikenakan pajak penghasilan sebesar ketentuan yang berlaku.

Semua itu dapat Anda masukan pada kerangka laporan rugi laba yang telah ada dan semua mudah! Kesulitan biasanya timbul akibat kelalaian dalam mencatat dan menggelompokan sehingga banyak orang bilang bikin laporan keuangan susah.

Nah, cukup gampang kan? Namun jika Anda menginginkan yang lebih gampang lagi, dengan segala hal terkaiAnda bisa menghubungi Klinik Akuntansi atau datang langsung kekantor kami.

Kredit diberikan kepada bang Zul sebagai sumber informasi awal.

VIDEO PILIHAN