Mohon tunggu...
Klinik Akuntansi
Klinik Akuntansi Mohon Tunggu...

www.klinikakuntansi.com\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nIntegrated Accounting System Consultant\r\nFor Growth and Expand Your Business\r\n\r\nSebagai perusahaan konsultan akuntansi dan bisnis terpercaya Klinik Akuntansi - Pelayan UKM Spesialis Sistem Akuntansi Moderen - sangat responsif terhadap perkembangan dunia usaha kecil-menengah di Indonesia khususnya di Riau-Kepulauan Riau yang saat ini telah menjadi salah satu kota industry terbesar di Indonesia. Dengan niat tulus untuk menjadi salah satu pilar penopang perekonomian umat, Kami berperan aktif dalam memajukan masyarakat dan membantu membangun manajemen akuntansi perusahaan-perusahaan secara jujur, tersistem dan terarah. Sekarang kami hadir di Kompasiana untuk mempermudah Anda memperoleh informasi apapun mengenai implementasi sistem manajemen akuntansi.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Peranan Akuntansi bagi Karyawan dan Calon Karyawan

26 Mei 2014   17:32 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:06 0 0 1 Mohon Tunggu...

Dalam tulisan sebelumnya kita telah membahas mengenai Peranan Akuntansi Bagi Manajemen. Kali ini kita akan mengupas sedikit tentang peranan akuntansi bagi karyawan dan calon karyawan. Sekedar mengingatkan, akuntansi merupakan proses yang terdiri atas identifikasi, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi. Informasi ekonomi yang di hasilkan oleh akuntansi diharapkan berguna dalam penilaian dan pengambilan keputusan bagi pihak yang menggunakan informasi ini. Jelas kini, tujuan utama akuntansi ialah menyajikan informasi ekonomi (economic information) dalam bentuk keuangan. Di samping itu, informasi yang di hasilkan oleh akuntansi juga harus berguna bagi pihak-pihak yang menggunakan informasi laporan keuangan.

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan. Tentu itu semua tidak terlepas dari yang namanya akuntansi.

Untuk mengetahui peranan akuntansi bagi karyawan dan calon karyawan, maka harus dilihat dulu kepentingan karyawan terhadap laporan keuangan. Kepentingan langsung karyawan terhadap perusahaan adalah upah yang sesuai dengan kontribusi yang disumbangkannya. Karena karyawan berkepentingan untuk mengetahui hak-hak yang dapat diperoleh dari perusahaan. Bagi calon karyawan informasi akuntansi dapat menunjukkan prospek perusahaan dan untung ruginya bekerja pada perusahaan tersebut. Perlu diingat ketertarikan karyawan dan calon karyawan pada informasi mengenai stabilitas dan profitabilitas perusahaan karena mereka ingin menilai kemampuan perusahaan dalam memberikan balas jasa, pensiun, dan kesempatan kerja.

Untuk mengetahui informasi yang dibutuhkannya tersebut, maka jenis informasi yang diperlukan bagi karyawan dan calon karyawan adalah penjelasan tentang rencana perusahaan serta hasil yang dicapai, dan laporan tentang usaha perbaikan fasilitas kesejahteraan karyawan.

Demikian tulisan mengenai peranan akuntansi bagi karyawan dan calon karyawan. Semoga dengan tulisan ini kita semakin mengetahui besarnya peran dan manfaat dari akuntansi dalam kehidupan kita.

VIDEO PILIHAN