Mohon tunggu...
Klinik Diet
Klinik Diet Mohon Tunggu...

Fake it til U make it

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Gairah Sex Menurun?

14 Juni 2011   09:53 Diperbarui: 26 Juni 2015   04:31 525 0 0 Mohon Tunggu...

Terkadang anda tidak bisa saat menginginkannya. Terkadang anda menginginkannya saat anda tidak bisa.

Pembunuh gairah sex muncul dari semua bentuk yang tidak jelas. Mereka menyerang pria dan wanita, tua dan muda. Mereka bisa menyerang otak dan tubuh anda.

Bagi Bonne Oliverio, seorang pensiunan spesialis informasi yang hidup dipinggiran Cleveland, obat-obatan yang diminumnya untuk multiple sclerosis menyebabkan vaginal dryness, sebuah anti-aphrodisiac yang real.

"Selama 45 tahun, aku memili rumah tangga yang benar-benar solid, terutama secara sexual," kata Oliverio, 65 tahun, yang di diagnosa menderita multiple sclerosis sekitar 15 tahun yang lalu. "Tapi pengobatan dan rasa sakit benar-benar mengganggu kehidupan sex kami."

Penyebab Hilangnya Libido

Pengobatan yang seringkali mengacaukan gairah sex anda antara lain antidepressants dan pengobatan darah tinggi, antihistamines dan... ironisnya oral contraceptives.

Namun pengobatan hanyalah salah satu dari begitu banyak perusak libido. Penyebab umum lainnya antara lain:


  • Erectile dysfunction. ED mungkin tidak menyebabkan turunnya gairah sex, namun merisaukannya pasti bisa.
  • Menopause. Perubahan hormonal bisa membuat sex jadi menyakitkan, tapi jangan mengabaikan penyebab-penyebab lain yang bisa menurunkan gairah sex anda. Rasa percaya diri yang rendah dan image tubuh adalah masalah yang besar.
  • Depresi. Sebuah lingkaran setan, depresi bisa menyebabkan gairah sex menurun, dan penurunan ini bisa memperparah depresi anda.
  • Stress. Risau dan rayuan itu tidak cocok. Stress menyulitkan anda untuk tetap fokus pada partner anda (dan kenikmatan anda) dan menghidap energi yang anda perlukan.
  • Alcohol. Anda mungkin merasa seperti Don Juan setelah menenggak minuman, tapi alcohol bisa membuat anda merasa loyo saat anda perlu untuk menjadi terangsang.


Penyebab lain misalnya kurang tidur, kurangnya keintiman, obesitas, dan masih banyak lagi yang lainnyaaaa....

Lagi pula, pembunuh gairah sex itu sangat banyak sekali. Tapi jarang dokter yang menanyakan kehidupan sexual pasiennya.

"Para dokter itu kurang ahli dalam menanyakan tentang hal itu, bahkan para gynecologists sekalipun," kata Carolyn Nemec, MD, seorang dokter keluarga yang menjadi spesialis dibidang disfungsi sexual wanita dan pengobatan sexual di Cleveland Clinic.

Nemec telah menjadi dokter Oliverio untuk dua tahun terakhir. Percakapan awal mereka mengarah pada sebuah perawatan yang telah membantu Oliverio mendapatkan kembali gairahnya. Bahkan, ada banyak perawatan yang sukses untuk berbagai penyebab menurunnya libido, jika saja anda dan dokter anda mau membicarakannya.

Tapi, kata Nemec, "Salah satu penelitian menemukan bahwa hanya 5 sampai 10% dokter yang menanyakan tentang kehidupan sex pasiennya. Kita perlu memperbaikinya. Orang-orang menderita dan kita tidak menanyakannya."

Bagaimana Cara Meningkatkan Libido Anda

Berikut ini tiga tips untuk membantu menjaga gairah sex anda agar tidak menurun:


  • Teknik itu penting. "Pelajari tubuh anda dan cara kerjanya," kata Carolyn Nemec, MD. "Kita bisa membeli buku resep masakan, tapi kenapa kita tidak bisa membeli buku sex?"
  • Rawat jantung anda. "Kolesterol, semua yang mempengaruhi jantung, yang mengurangi aliran darah, mempengaruhi sex," kata Nemec. "Dan orang-orang yang banyak berolahraga punya sex lebih banyak dan lebih baik."
  • Periksakan. Ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan masalah pada pria dan wanita, kata Nemec. Mintalah dokter anda untuk melihat hasil pengukuran anda.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x