Mohon tunggu...
KKN UNS Desa Sekaran 243
KKN UNS Desa Sekaran 243 Mohon Tunggu... Lainnya - KKN UNS Kelompok 243 merupakan kelompok KKN UNS Periode Agustus 2022-Januari 2023 yang ditugaskan untuk mengabdi kepada masyarakat di Desa Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten.

Topik yang dikembangkan merupakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

TIM KKN UNS Sosialisasikan Digitalisasi Marketing, Workshop Foto Produk, dan Manajemen Produksi bagi Pelaku UMKM

24 Agustus 2022   00:46 Diperbarui: 26 Agustus 2022   10:19 151 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing di Desa Sekaran, Kamis (21/07/2022)/dokpri

KLATEN - Dalam periode KKN Universitas Sebelas Maret (UNS) Agustus 2022-Januari 2023, Tim KKN UNS Kelompok 243 yang diterjunkan di Desa Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, mengadakan serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk pelaku UMKM Desa Sekaran yang diadakan di Gedung PKK Desa Sekaran berupa : Sosialisasi Digital Marketing, Workshop Foto Produk, dan Sosialisasi Manajemen Produksi

Rangkaian kegiatan ini merupakan program kerja dari TIM KKN UNS Kelompok 243 berdasarkan survey potensi Desa Sekaran yang memiliki banyak pelaku UMKM di tiap wilayah RW di Desa Sekaran. Dalam kegiatan Sosialisasi Digital Marketing diberikan pemaparan materi mengenai strategi pemasaran produk UMKM melalui media sosial atau media maya. 

Berperan selaku narasumber dalam sosialisasi ini adalah Tema Mumtaza, Mahasiswa S1 UNS prodi Informatika yang juga merupakan pendiri dan pemilik usaha ekonomi kreatif berbasis digital seperti PT Infinity Group Indonesia, eSeL Skincare, TukerSampah, Semut Merah EO, Fruitoozy, dan Kahfee Honey. 

"Di era digitalisasi marketing 4.0 saat ini, segala bentuk pemasaran seharusnya telah berbasis digital dengan memanfaatkan berbagai macam platform media maya dan e-commerce sebagai sarana promosi dan penjualan. Terlebih lagi dengan adanya pandemi COVID-19 yang melanda dunia, dengan adanya pembatasan kegiatan dan perubahan kebiasaan yang mengharuskan kita mengurangi interaksi secara langsung maka pemanfaatan platform digital meningkat sangat pesat. Di Indonesia sendiri per Februari 2022 terdapat 204,7 juta orang yang menggunakan internet dengan pengguna sosial media aktif sejumlah 191,4 juta orang. Hal ini tentunya menjadi alasan yang sangat kuat dimana digitalisasi pemasaran UMKM harus diaktualisasikan sebagai reaksi dari perkembangan IPTEK dan dari tingginya tren penggunaan media sosial serta e-commmerce yang semakin tinggi." Tutur Tema Mumtaza dalam agenda Sosialisasi Digital Marketing yang diadakan pada Kamis, 21 Juli 2022. 

Kegiatan ini menjadi pembuka rangkaian program kerja TIM KKN UNS Kelompok 243 serta menjadi pembuka rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pendampingan UMKM. 

Kegiatan Sosialisasi
Kegiatan Sosialisasi

Sebagai aktualisasi awal dari digitalisasi marketing, diadakan rangkaian kegiatan kedua berupa Workshop Foto Produk yang diadakan pada Sabtu, 30 Juli 2022 dengan narasumber Setyo Adji yang merupakan fotografer yang memiliki usaha @moreoverart dan @aliansi.2nd serta freelancer yang tergabung dalam IcadPhotowork. 

Dalam kegiatan workshop ini para pelaku UMKM diberikan materi berkenaan dengan bagaimana cara mengambil foto produk yang baik untuk digunakan sebagai media promosi serta diberikan pelatihan oleh Setyo Adji dengan melibatkan peserta pelaku UMKM secara langsung. 

Dalam pelatihan, pelaku UMKM diajarkan cara mengambil foto produknya dengan menggunakan media smartphone, kain flanel dan kain perca sebagai background, serta dengan memanfaatkan aplikasi Adobe Lightroom sebagai media editing. 

"Kegiatan semacam ini memang sangat dibutuhkan bagi kami para pelaku usaha (UMKM) dan bahkan juga sangat berguna bagi yang tidak memiliki usaha. Ilmu baru yang ternyata juga sangat sederhana dan sangat bisa diaplikasikan dengan media yang seminim mungkin tapi tetap dengan hasil yang bagus seperti yang dipraktikkan mas Adji tadi." Ucap Ibu Tri Wahyuni, salah satu peserta Workshop Foto Produk. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan