Mohon tunggu...
KKN 361 UNS
KKN 361 UNS Mohon Tunggu... Lainnya - KKN Desa Ngargosari

TIM KKN 361 UNS

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Taman Baca sebagai Langkah Memajukan Literasi Desa Ngargosari

8 September 2021   19:20 Diperbarui: 8 September 2021   19:25 190 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Taman baca secara umum adalah perpustakaan kecil yang menyediakan berbagai macam buku, dan terdapat tempat untuk membaca dan belajar
Pengadaan taman baca sendiri merupakan salah satu program utama dari Kelompok KKN UNS 361 di Desa Ngargosari, Sumberlawang, Sragen. 

Diadakannya taman baca ini salah satunya dilatarbelakangi oleh kurangnya akses anak-anak di desa ini dalam mencari sumber-sumber bacaan. 

Adanya taman baca selain sebagai tempat membaca juga dapat dijadikan sebagai salah satu tempat arsip buku dan bertukar pikiran tidak hanya sesama anak-anak saja melainkan diharapkan juga oleh para warga. Menurut kelompok KKN UNS 361 sendiri literasi merupakan salah satu pembuka cakrawala dunia, dengan adanya literasi dapat membuka pintu-pintu lain untuk meningkatkan sumber daya manusia ke arah yang lebih maju lagi.

Faiz Shafwan selaku ketua kelompok KKN UNS 361 mengungkapkan "Taman baca ini dibuat untuk meningkatkan minat membaca dari anak-anak di desa Ngargosari. Taman ini didesain semenarik mungkin agar anak-anak tertarik untuk menggunakan dan membaca di sana" 29/8

Total buku yang disumbangkan untuk taman baca tersebut berjumlah 100 buku, yang terdiri dari buku pelajaran dan buku bacaan. Terdapat 3 meja belajar portabel yang dapat menambah kenyamanan anak-anak dalam membaca.

Pada awal mula didirikan taman baca ini, anak-anak sudah mulai antusias untuk membaca buku yang kami bawakan walaupun tempat dan fasilitas belum memadai. 

Sehingga membuat kami semakin semangat untuk membuat taman baca ini semenarik mungkin. Dan diharapkan taman baca ini akan selalu dimanfaatkan baik untuk anak-anak maupun warga, dan sebagai tempat membaca atau dapat sebagai tempat berdiskusi.

Dengan adanya taman baca ini diharapkan dapat menunjang akses dan pilihan bahan bacaan warga terkhususnya anak-anak dalam memperoleh wawasan, mengingat di era pandemi ini kegiatan sekolah siswa secara langsung terbatas sehingga taman baca yang didirikan ini dapat menjadi salah satu rujukan siswa dalam belajar. 

Selain itu, didirikannya taman baca ini juga sebagai sarana atau suatu fasilitas untuk anak-anak di Desa Ngargosari untuk selalu produktif dimasa pandemi ini.Oleh karena itu, kami kelompok 361 Kuliah Kerja Nyata UNS mengadakan pembangunan taman baca sebagai salah satu program utama kami dalam bertugas di lokasi penempatan.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan