Mohon tunggu...
KKN 377 Desa Sempol Bondowoso
KKN 377 Desa Sempol Bondowoso Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

KKK UNEJ Kelompok 377 merupakan pengabdian Mahasiswa Universitas Jember Tahun 2022 yang berlokasi di Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Darurat Stunting: Mahasiswa KKN 377 Lakukan Sosialisasi PHBS di SD Negeri 1 Sempol

19 Agustus 2022   21:54 Diperbarui: 1 September 2022   14:13 92 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Fenomena stunting, istilah dewasa ini telah menjadi isu yang cukup penting untuk diperhatikan. Mengingat kondisi stunting di Indonesia masih cukup tinggi. Salah satu penyumbang kasus stunting yang tinggi adalah di Kabupaten Bondowoso, tepatnya menduduki peringkat ketiga se-Jawa Timur. Menurut salah satu pihak puskesmas di Kabupaten Bondowoso memaparkan penyebab stunting diakibatkan karena minimnya pengetahuan terkait pemenuhan gizi yang seimbang dan kurangnya pemahaman perihal sanitasi yang baik. Melihat kondisi tersebut, maka sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran terkait dengan upaya pemenuhan gizi seimbang serta sanitasi yang baik.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pemberian penyuluhan terkait dengan sanitasi berupa sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Pelaksanaan penyuluhan ini difokuskan pada siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 di SDN 1 Sempol. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut masih tergolong usia rawan terkait dengan rendahnya PHBS. Mengingat rendahnya PHBS yang berhubungan dengan sanitasi dapat berdampak terhadap terjadinya stunting.

Maka dari itu, pada hari Sabtu (06/08) mahasiswa KKN 377 Universitas Jember melakukan sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di SDN 01 Sempol. Sosialisasi PHBS yang diberikan berupa edukasi terkait cara mencuci tangan yang benar dan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sosialisasi ini diberikan kepada siswa/siswi kelas 4, 5, dan 6 dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman serta kesadaran terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat.  

Kegiatan sosialisi PHBS mendapat dukungan penuh dari pihak SDN 01 Sempol. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN 377 Universitas Jember” ucap Andriana, selaku wali kelas 4 di SDN 01 Sempol.

Kegiatan sosialisasi dimulai dari pemberian materi berupa kesehatan gigi dan mulut serta cara mencuci tangan yang benar. Kemudian, dilanjutkan dengan senam serta praktik cuci tangan dan sikat gigi bersama. Siswa/siswi terlihat begitu antusias dalam menerima materi dan seluruh rangkaian kegiatan sosialisasi yang diberikan. 

Pemaparan materi cara cuci tangan dan sikat gigi yang benar/Dokumentasi pribadi
Pemaparan materi cara cuci tangan dan sikat gigi yang benar/Dokumentasi pribadi

Tujuan dari kegiatan sosialisasi PHBS untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa/siswi terhadap perilaku hidup bersih dan sehat. Seperti yang diketahui bahwa PHBS berhubungan dengan sanitasi yang merupakan salah satu factor penyebab terjadinya stunting.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan