Mohon tunggu...
KKN UM Tenggiring
KKN UM Tenggiring Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kelompok Mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Malang di Desa Tenggiring, Lamongan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemetaan Administrasi dan Potensi Desa Tenggiring oleh KKN UM

25 Juli 2021   12:59 Diperbarui: 25 Juli 2021   13:24 79 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemetaan Administrasi dan Potensi Desa Tenggiring oleh KKN UM
dokumentasi pribadi

Desa Tenggiring merupakan sebuah desa di wilayah Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan. Desa Tenggiring mempunyai fasilitas desa yang cukup mewadahi kebutuhan warga, namun Desa Tenggiring belum mempunyai Peta Administrasi desa. Pembuatan Peta Administrasi ini dilakukan mahasiswa kuliah kerja nyata edisi pulang kampung Desa Tenggiring ini karena untuk administrasi desa. 

Pemetaan ini dilakukan dengan penanggung jawab 2 mahasiswa peserta kuliah kerja nyata ini yaitu Faisal Tri Wahyudi dengan Fardiany Hidayatunnikmah.

Pemetaan ini dibuat dengan beberapa tahapan,tahapan pertama yaitu mencari data shp file dan data citra satelit, lalu diolah dengan aplikasi Qcis dan tahapan akhir yaitu melayout peta agar mudah dan enak untuk dilihat.Administrasi wilayah yang sudah dipetakan dapat memudahkan untuk mengetahui dengan jelas batasan desa serta kondisi tata guna lahan Desa Tenggiring, selain itu peta ini berguna untuk membuat lebih jelas wilayah Desa Tenggiring agar warga Desa Tenggiring serta masyarakat luar tidak merasa kesusahan untuk mencari suatu lokasi di Desa Tenggiring.

Peta administrasi desa ini diketahui batas utara desa ialah Desa Pataan, batas selatan desa ialah Wateswinangun, batas barat desa ialah Desa Semampirejo, dan batas Timur desa ialah Kedungwangi. Selain itu pemetaan administrasi ini dapat dibuat peta potensi wilayah, pemetaan potensi ini berdasarkan digitasi citra satelit dan validasi lapangan langsung oleh penanggung jawab pemetaan.

Masyarakat Desa Tenggiring memiliki tanah yang produktif untuk bercocok tanam, seperti menanam sembako, padi, jagung, tebu, cabe, kangkung dan sawi, sehingga dengan potensi yang dimiliki tersebut desa merupakan sumber bahan mentah yang berasal dari petani desa yang mampu menghasilkan produksi pangan berupa makanan khas. 

Desa Tenggiring yang berada di Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan ini memiliki potensi-potensi yang beranekaragam, tetapi belum begitu dikenal masyarakat luas karena kurangnya informasi. Pendataan mengenai potensi desa sangatlah penting, karena potensi desa akan menentukan maju tidaknya suatu desa. 

Oleh sebab itu diperlukan pendataan mengenai desa tersebut baik dalam hal potensi desa, maupun sumber daya alam. Hal ini diperlukan oleh pemerintah untuk mengetahui informasi mengenai desa-desa yang masih tertinggal, sehingga pemerintah dapat mengambil kebijakan untuk dapat memajukan desa tersebut.

Potensi alam maupun masyarakat yang beragam merupakan sumber penghasilan untuk wilayah tersebut, luasnya wilayah dan jauhnya desa ini dari pusat kota mengakibatkan informasi tentang desa ini kurang diketahui masyarakat dan perlunya pemetaan untuk melihat dan memperhitungkan kekayaan alam yang dimiliki suatu desa. 

Saat ini untuk mendapatkan data dari sebuah desa sulit/tidak mudah dalam mendapatkannya, data merupakan hal penting untuk menghasilkan sebuah informasi yang tepat dan berguna, kumpulan data desa akan menjadi sebuah informasi desa.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN