Mohon tunggu...
Kkn umsumberpasir
Kkn umsumberpasir Mohon Tunggu... KKN SUMBERPASIR

KULIAH KERJA NYATA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Nikmatnya Latihan Renang di Mata Air Embung Cempaka Sumberpasir

9 Juli 2019   10:20 Diperbarui: 9 Juli 2019   11:17 61 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nikmatnya Latihan Renang di Mata Air Embung Cempaka Sumberpasir
KKN UM 2019 Bersama Pengurus Embung Cempaka-dokpri

Setiap kota pasti memiliki tempat tersendiri untuk menik minat wisatawan manca negara untuk merasakan sensasinya. Malang adalah salah satu wilayah yang dijuluki sebagai tempat rekreasi karena memiliki beragam tempat rekreasi dan lokasi rekreasi banyak terdapt di Kota Wisata Batu. 

Tidak hanya di Kota Wisata Batu di sekitar malang juga terdapat desa yang memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai salah satu tempat rekreasi yaitu Kolam Rekreasi Emung Cempaka.

Embung cempaka memiliki mata air murni yang melimpah, masyarakat sekitar memanfaatkan mata air murni itu sebagai ladang pencahariannya. Pemanfatan air tersebut berupa kolam renang dengan sebutan Embung Cempaka yang terletak di Rt.07 Rw. 01 Dusun Krajan, Desa Sumber Pasir, Kecamatan Pakis, Malang. Kolam Embung cempaka dibuka mulai pukul 06.00 -- 17.00 WIB dengan harga masuk 2000 rupiah dan 3000 rupiah untuk parker sepedah motor. 

Embung Cempaka juga memiliki beberapa fasilitas yang lengkap mulai dari area out bound, dua kolam renang dimana kolam pertama memiliki kedalaman 60 cm hingga 250 cm serta berbentuk tidak berukuran dengan panjang 50 meter dan kolam kedua memiliki tinggi dari 40 cm hingga 60 cm dengan bentuk persegi, lahan parkir yang luas, spot foto, kantin, kamar mandi, dan beberapa pondok untuk berteduh. 

Pengunjung embung cempaka biasanya mulai berdatangan pada jam 08.30-17.00 WIB. Disana juga terdapat club renang yang berlatih yaitu club renang ORCA dan latihan club tersebut biasanya berkisar dari jam 15.00-17.00 WIB.

dokpri
dokpri
Jumat, 14 Juni, KKN UM 2019 melakukan survei dan wawancara terhadap pengelola Kolam.Salah satu program kerja KKN 2019 Universitas Negeri Malang yaitu pelatihan renang kepada anak-anak sumber pasir untuk meningkatkan keterampilan berenang anak-anak sumber pasir. 

Pelatihan renang di Kolam Renang Embung Ceempaka dilakukan setiap hari senin sampai kamis selama tiga minggu. Anak-anak Sumberpasir mengikuti kepelatihan renang bersama kakak-kakak KKN UM 2019 tidak dipungut biaya sama sekali dan anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut juga sangat antusias dalam program pemberian materi pada tiap pertemuan.

VIDEO PILIHAN