Mohon tunggu...
Kkn umsumberpasir
Kkn umsumberpasir Mohon Tunggu... KKN SUMBERPASIR

KULIAH KERJA NYATA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Rumah Belajar sebagai Sarana Menumbuhkan Semangat Belajar Sejak Dini

18 Juni 2019   17:45 Diperbarui: 18 Juni 2019   17:52 0 1 0 Mohon Tunggu...
Rumah Belajar sebagai Sarana Menumbuhkan Semangat Belajar Sejak Dini
Kegiatan di Rumah Belajar | dokpri

Rumah belajar yang berada di Dusun Boto Putih Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang merupakan salah satu program yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UM tahun 2017. Tujuan dari dilaksanakan program ini yaitu menyadarkan para orang tua bahwa pendidikan diusia dini sangat penting serta menumbuhkan semangat belajar anak-anak. Program tersebut berdampak positif bagi anak-anak disekitar rumah belajar. Dampak positif tersebut dapat dilihat dari banyaknya anak yang bergabung dalam kegitan Rumah Belajar.

1

Rumah Belajar tidak hanya bergerak dalam pendidikan formal seperti bimbingan belajar tetapi juga pada pendidikan non-formal seperti les menari, membuat kerajinan, dan mengaji. Hal tersebut tentu saja dapat menumbuhkan sikap mandiri dan kreatif pada anak-anak. Selain itu terdapat fasilitas yang ada di Rumah Belajar yaitu perpustakaan. Perpustakaan ini menyediakan berbagai jenis buku mulai dari buku pengetahuan umum hingga buku-buku fiksi. Rumah belajar menjadi wadah bagi anak-anak desa dalam memperoleh pendidikan selain dari sekolah.

 

Hasil Karya Anak-Anak di Rumah Belajar | dokpri
Hasil Karya Anak-Anak di Rumah Belajar | dokpri

Salah satu program KKN UM 2019 adalah menumbuhkan semangat belajar pada anak-anak Desa Sumberpasir. Hal ini selaras dengan tujuan dari Rumah Belajar yang juga ingin mengembangkan semangat belajar. Sehingga KKN UM 2019 bekerja sama dengan pihak Rumah Belajar dalam mewujudkan tujuan tersebut. 

Dalam proses mewujudkan tujuan tersebut mahasiswa universitas negeri malang mengadakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan pada setiap hari senin dan jumat, pukul 18.00 wib. Anak-anak Desa Sumberpasir sangat antusias dalam mengikuti kegitan pembelajaran. Antusias ini terlihat dari banyaknya anak-anak yang datang dan mengikuti kegiatan pembelajaran.