Mohon tunggu...
KKN UM Sumbermanjing Wetan
KKN UM Sumbermanjing Wetan Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN

Mahasiswa KKN

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Pelaksanaan Piket Desa Membuat Mahasiswa KKN Sumbermanjing Wetan Berkeinginan Pergi dari Kantor Desa

9 Juli 2019   20:27 Diperbarui: 9 Juli 2019   20:33 137 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelaksanaan Piket Desa Membuat Mahasiswa KKN Sumbermanjing Wetan Berkeinginan Pergi dari Kantor Desa
dokumentasi-proker-piket-desa-1-5d2490270d8230637c683952.jpg

Piket desa merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) selama kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertempat di Desa Sumbermanjing Wetan (Sumawe). Tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini ialah  untuk membantu proses administrasi di Kantor Desa dan menambah sumber daya selama kegiatan KKN berlangsung. Kegiatan piket desa ini tentunya dimulai setelah mendapat izin dan berkoordinasi dengan perangkat desa Sumbermanjing Wetan. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari senin hingga hari jum'at mengikuti jam kerja kantor. Dimulai dari pukul 08.00 - 13.00 untuk hari senin sampai kamis  dan khusus hari jum'at biasanya pulang lebih awal, yakni pukul 11.00. 

Hari pertama dan hari-hari selanjutnya pelaksanaan piket desa Mahasiswa KKN disambut dengan hangat oleh sumberdaya yang ada di kantor Desa Sumawe. Mahasiswa KKN diberi kegitan untuk membantu pekerjaan-pekerjaan yang sekiranya bisa dilakukan. Akan tetapi, tidak setiap hari terdapat kegiatan yang dapat dibantu oleh Mahasiswa KKN Sumawe di pemerintahan desa, sehingga seringkali menganggur. Untuk mengantisipasi hal tersebut mahasiswa KKN Sumawe berkeinginan pergi dari kantor desa, dengan artian meminta tugas lain yang dapat dikerjakan diluar kantor desa yang sekiranya bisa membantu suatu kegiatan yang dilakukan dilingkungan masyarakat. Salah satunya ialah membantu kegiatan POSYANDU yang berada di masing-masing RW.

dokumentasi-proker-piket-desa-2-5d24907f097f3613d703e2a2.jpg
dokumentasi-proker-piket-desa-2-5d24907f097f3613d703e2a2.jpg
Kesibukan yang terdapat dipemerintahan desa memang tidak selalu melibatkan mahasiswa KKN UM. Hal ini dikarenakan kegiatan yang terdapat dikantor desa tidak terlalu padat. Berbeda ketika terdapat kegiatan desa disuatu hari tertentu yang pelaksanaannya bersamaan, maka perlu adanya tambahan SDM yang bekerja. Misal, senam pagi, posyandu balita dan lansia, serta kegiatan lainnya didalam kantor desa. Sehingga, bapak Kepala Desa mengucapkan terimakasih kepada kami mahasiswa KKN UM karna telah membantu kegiatan-kegiatan yang ada di Desa Sumawe. Ujarnya kepada salah satu mahasiswa KKN "saya pribadi mengucapkan terimakasih pada kalian mahasiswa KKN yang selama ini telah membantu kegiatan-kegiatan yang ada di desa, sehingga semua kegiatan dapat terlayani dengan baik"

Dalam pelaksanaan piket desa, Mahasiswa KKN Sumawe dapat menyumbangkan tenaga dan pikiran, karena pada hakekatnya kegiatan KKN ini dilaksanakan untuk mengabdi di desa yang sedang ditempatinya. Selain itu kegitan piket desa mengajarkan kepada mahasiswa KKN, bahwasannya menjadi tokoh dalam pemerintahan desa harus ramah dan siap membantu kegiatan masyarakat sekitar agar mendapat pelayanan yang maksimal. Selain itu, mahasiswa KKN UM juga mendapat pelajaran berharga tentang bagaimana mereka menangani pemasalahan-permasalahan yang dialami oleh masyarakat. Baik itu yang lebih tua maupun yang lebih muda, karna tentu saja ada perbedaan dalam penanganannya. Mungkin hanya sesaat, akan tetapi ilmu yang didapat oleh Mahasiswa KKN dengan waktu sekitar satu bulan bergabung didalam pemerintahan Sumbermanjing Wetan sangat berharga. Salam dari KKN Sumawe "bukan seberapa lama kita bersama, tetapi seberapa berguna kita didalam pemerintahan desa".

VIDEO PILIHAN