Mohon tunggu...
KKN UM Sumbermanjing Wetan
KKN UM Sumbermanjing Wetan Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN

Mahasiswa KKN

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Libur? Bukan Alasan untuk Tidak Belajar, Dong!

9 Juli 2019   19:27 Diperbarui: 9 Juli 2019   19:32 9 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Libur? Bukan Alasan untuk Tidak Belajar, Dong!
dokumentasi-proker-bimbel-5d2487a40d8230476c301272.jpg

Ujian akhir sekolah telah berakhir, saatnya untuk penerimaan rapot setelah itu tibalah waktu yang dinanti-nantikan oleh para pelajar yaitu hari libur. Libur adalah momen dimana para pelajar menjadi malas-malasan, ya bagaimana tidak mereka semua tak harus mengerjakan tugas atau harus pulang hingga sore hari. Namun, tidak semua anak menjadi manusia malas ketika berlibur. 

Diantaranya anak-anak yang tinggal di dekat posko KKN UM desa Sumbermanjingwetan, mereka sangat antusias ketika kami para Mahasiswa KKN UM 2019 mengajaknya belajar bersama. 

Awalnya kami merasa pesimis untuk melaksanakan agenda bimbel, dikarenakan sekarang adalah waktu libur sekolah yang membuat para mayoritas pelajar malas belajar. Namun ternyata masih ada anak-anak yang antusias mengikuti bimbel tersebut.

Mereka semua sangat antusias dengan mata pelajaran matematika. Ya, memang banyak anak yang merasa bahwa mata pelajaran matematika adalah sebuah matapelajaran  yang ditakuti. 

Oleh karena itu, kami mengajarkan materi matematika yang kurang mereka pahami. Salah satunya, kami mengajarkan bagaimana cara menghitung perkalian dengan jari tangan. 

Awalnya mereka masih kesulitan untuk memahami cara tersebut. Namun lama-kelamaan mereka terbiasa dan sangat senang karena bisa menghitung perkalian yang cukup banyak hasilnya dengan cara yang sederhana.

Kami memberi soal latihan untuk melatih kemampuan menghitungnya dan mereka sangat senang hingga membuat persaingan cepat-cepatan menjawab hasilnya. Selain mata pelajaran matematika, kami juga mengajarkan mata pelajaran Bahasa Inggris. 

Ternyata mereka banyak yang tidak mengerti mengenai Bahasa Inggris. Sehingga, kami mengajarkan dari dasar yaitu subjek di Bahasa Inggris seperti i, you, they, we, she, he dan it. Selain itu kami juga mengajarkan mengenai pronouncation kepada mereka.

Kegiatan belajar ini tidak dipatokkan oleh waktu jadi kapan saja selama kami tidak ada proker utama anak-anak bisa belajar bersama. Kegiatan belajar ini dilaksanakan di  posko KKN UM dikarenakan letak posko yang berada diantara rumah warga. 

Selain itu, kegiatan belajar bersama ini diharapkan dapat membuat anak-anak bertambah pengetahuannya dan membiasakan untuk belajar. Karena libur, bukanlah hal untuk bermalas-malasan belajar.

VIDEO PILIHAN