Mohon tunggu...
KKN UM Sumbermanjing Wetan
KKN UM Sumbermanjing Wetan Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN

Mahasiswa KKN

Selanjutnya

Tutup

Digital

Pengembangan WEB Desa Sumbermanjing Wetan Oleh Mahasiswa KKN UM

6 Juli 2019   00:03 Diperbarui: 6 Juli 2019   00:10 100 0 0 Mohon Tunggu...

Kamis, 4 Juli 2019, Mahasiswa KKN UM desa Sumbermanjing Wetan memberikan pendampingan cara pengelolahan web, yang mana sebelumnya web desa dibuatkan terlebih dahulu oleh mahasisswa KKN Sumbermanjing Wetan. Kegiatan ini diterima sangat baik oleh Bu Sinta selaku seketaris desa. Beliau juga sangat antusias ketika mengikuti kegiatan pengajaran pengelolahan web untuk kemajuan desa. Desa Sumbermanjing Wetan adalah salah satu desa yang berada pada kawasan Kabupaten Malang yang berada pada sisi Selatan.

Desa ini memiliki potensi yang sangat luar biasa terumata dalam segi ekonomi, sosial, dan budaya. Namun, belum adanya web desa membuat desa Sumbermajing Wetan seperti terisolasi dari khalayak umum. Memasuki era revolusi industri 4.0 ini, web tentunya menjadi salah satu upaya meningkatkan kualitas informasi berbasis online kepada perangkat desa Sumbermanjing Wetan, hal inilah yang menjadi pendorong bagi mahasiswa KKN UM untuk mengembangkan web desa yang pada akhirnya dapat dikelola sendiri oleh perangkat desa dan diharapkan dapat membuka potensi yang dimiliki desa Sumbermanjing Wetan kepada khalayak umum.

Adanya Kegiatan ini mampu membantu perangkat desa untuk mengoprasikan elektronik berbasis internet khususnya Web desa. Mengingat desa Sumbermanjing Wetan memiliki potensi pariwisata, ekonomi dan sosial diantaranya yaitu Puncak Sumawe, perkebunan tebu, kopi, coklat, dan cengkeh, serta terdapat potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Semua potensi baik Pariwisata, ekonomi dan sosial ini dimasukkan ke dalam web desa Sumbermanjing Wetan, harapannya agar masyarakat luas dapat mengetahuinya.

Selain itu web desa Sumbermanjing Wetan dilengkapi dengan profil desa seperti sejarah dan kondisi geografis desa Sumbermanjing Wetan. Tidak hanya itu saja web ini juga dilengkapi dengan adanya foto kegiatan dan vidio profil desa serta berita yang berisi kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Sumbermanjing Wetan. Melalui pengembangan web desa ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas informasi berbasis online terhadap perangkat desa, sehingga dengan meningkatnya kualitas informasi berbasis online terutama pengembangan web desa ini dapat memajukan desa Sumbermanjing Wetan di dalam tuntutan zaman di era revolusi industri 4.0. Serta adanya web ini diharapkan masyarakat luar dapat tertarik untuk berkunjung ke Desa Sumbermanjing Wetan. Adapun web ini dapat diakses di laman Laman Web Desa Sumbermanjing Wetan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x