Mohon tunggu...
KKN UM Desa Senggreng 2022
KKN UM Desa Senggreng 2022 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

KKN Semester Antara Th. 2021/2022 Universitas Negeri Malang Desa Senggreng, Kec. Sumber Pucung, Kab. Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kuatkan Literasi, Bimbingan Belajar KKN UM Ajarkan Bahasa Inggris

22 Juni 2022   20:55 Diperbarui: 22 Juni 2022   21:04 277 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Program kerja kegiatan bimbingan belajar di SD Negeri 4 Senggreng. (Dokumen pribadi, 23 Juni 2022)

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dapat digunakan untuk berkomunikasi di seluruh dunia. 

Dewasa ini, Bahasa Inggris sudah menjadi mata pelajaran wajib yang harus dikuasai oleh semua siswa, tak terkecuali siswa sekolah dasar.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Model Blok Semester Antara Tahun 2021/2022 Universitas Negeri Malang memberikan bimbingan belajar pada siswa kelas 4 di SD Negeri 4 Senggreng pertama dengan mata pelajaran Bahasa Inggris.

"Untuk membaca berbahasa Inggris, adik-adik sudah mampu dan lancar. Mungkin jam belajar mereka pada mata pelajaran ini kurang, maka dari itu mereka hanya dapat membaca saja tanpa mengingat ilmunya. Jika kemampuan mereka diketahui lebih awal dan selalu diasah, mereka akan dengan cepat menyerap ilmu Bahasa Inggris. Mereka pun hampir setiap hari bermain game online, hal itu akan semakin menambah pengetahuan berbahasa Inggrisnya," ujar Rifkah Rofidah, mahasiswi jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini sekaligus peserta KKN UM di Desa Senggreng.

Bimbingan belajar di SD Negeri 4 Senggreng yang bertempat di Dusun Kecopokan, Desa Senggreng, Kec. Sumber Pucung, Kab. Malang ini dimulai pada hari Selasa, 21 Juni 2022 yang juga bertempat di salah satu ruang kelas sekolah. Diikuti 26 orang siswa, bimbel dilaksanakan dari jam 9.00 - 11.00 WIB.

Walaupun sudah tidak ada jam pelajaran sekolah, murid-murid kelas 4 sangat antusias bertemu dengan mahasiswa KKN UM dan senang belajar Bahasa Inggris. Banyak dari mereka yang bertanya mengenai materi, maju ke depan kelas untuk mempresentasikan tulisan Bahasa Inggrisnya, dan belajar membaca tulisan mereka masing-masing. 

Bimbingan belajar kali ini berbeda dengan sebelumnya karena diadakan di luar jam sekolah dan sudah memasuki masa libur kenaikan kelas.

Meskipun ada beberapa kekurangan saat melaksanakan bimbel, semangat mahasiswa KKN UM dalam mengabdi di sekolah dasar tidak hilang. Mereka yakin bahwa anak-anak kelas 4 di SD Negeri 4 Senggreng akan semakin kreatif, pintar, dan menerapkan setiap ilmu yang sudah diberikan.

Penulis: Fara Trisna Rahmadani

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan