Mohon tunggu...
KKN UM Ponorogo 2
KKN UM Ponorogo 2 Mohon Tunggu... KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang

KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang 2021 Desa Kapuran Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

KKN UM Desa Kapuran Bersinergi Memberdayakan Masyarakat Lokal dalam Budidaya, Pengelolaan, dan Pemasaran Produk Herbal

16 Juni 2021   19:32 Diperbarui: 16 Juni 2021   21:10 232 1 0 Mohon Tunggu...

KKN UM Desa Kapuran bersinergis memberdayakan masyarakat lokal dalam budidaya, pengelolaan dan pemasaran produk herbal

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang di desa Kapuran, Badegan Ponorogo resmi dibuka pada (11/06/2021) di balaidesa Kapuran pukul 09.00 WIB. Peresmian pembukaan KKN ditandai dengan pemotongan pita oleh Bapak Siswanto selaku kepala desa Kapuran. Dengan peresmian dibukanya KKN Desa Kapuran ini mahasiswa KKN resmi mengabdi selama 45 hari kerja untuk menjalankan program kerja yang sudah terencana. Acara pembukaan KKN dihadiri langsung oleh Kepala Desa, segenap perangkat desa, BPD, Karangtaruna dan segenap tokoh masyarakat. Acara pembukaan berlangsung dengan khidmad dengan penyampaian beberapa sambutan dari koordinator kkn desa Kapuran, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) juga menyapa masyatakat via virtual dan sambutan terakhir disusul dari Kepala desa Kapuran

Dalam acara ini, tak lupa dilaksanakan penyampaian program kerja KKN dengan tema "Pemberdayaan masyarakat lokal dalam budidaya, pengelolaan dan pemasaran produk herbal di desa Kapuran, Badegan, Ponorogo". Tema tersebut dipillih berdasarkan hasil survei yang telah dilaksanakan mahasiswa KKN sebelum pelaksanaan KKN dimulai. Berdasarkan tema pemberdayaan masyarakat dalam budidaya tanaman herba tersebut, salahsatu program kerja utama adalah sosialisasi penanaman tanaman herba dan pembagian benih tanaman untuk 4 dusun yang ada di desa Kapuran. Rencana ini disambut baik oleh Kepala Desa Kapuran, "Dengan tema pemberdayaan masyarakat lokal dalam budidaya tanaman herba saya berharap dapat menjadikan desa Kapuran lebih baik lagi, karna mayarakat desa Kapuran adalah masyarakat yang majemuk harapan saya mahasiswa mampu memahami dan menyikapi dengan bijak karna kuliah kerja nyata ini adalah langkah awal untuk terjun langsung ke masyarakat," ujar bapak Siswanto.

Menindak lanjuti program kerja utama, kemarin Selasa (15/06/2021) mahasiswa KKN UM memulai dengan koordinasi langsung dengan kamituwo di 4 dukuh yang tersebar di desa Kapuran. Koordinasi tersebut sebahak langkah awal agar setiap dukuh menyiapkan lahan untuk penanaman tanaman toga serta menyiapkan beberapa pemudinya untuk terlibat dalam program kerja tersebut. "Harapan saya di kkn desa kapuran , semoga dengan program yang telah dibentuk bersama kelompok kkn , dapat mengaplikasikan smua program di desa Kapuran dengan lancar , serta dapat memberikan inovasi-inovasi untuk desa kapuran " tutup Hadaq, Koordinator KKN UM desa Kapuran.

VIDEO PILIHAN