Mohon tunggu...
KKNUMMOJOROTO2022
KKNUMMOJOROTO2022 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Media Pembelajaran Ular Tangga, Inovasi Pembelajaran yang Kreatif dan Menarik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

26 Juli 2022   09:26 Diperbarui: 26 Juli 2022   09:29 226 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam rangka menunjang pembelajaran yang kreatif dan inovatif tim KKN UM Kelurahan Mojoroto memprakarsai pengadaan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga. 

Media ini nantinya dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Media Permainan Ular Tangga ini merupakan media model Education for Sustainable Development (ESD).

Educational for Sustainable Development (ESD) didefinisikan sebagai pendidikan yang mendorong perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai dan sikap untuk memungkinkan masyarakat yang lebih berkelanjutan dan adil bagi semua. 

Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD) penting untuk dikembangkan di Indonesia. Minimnya identifikasi dalam mengimplementasikan ESD menyebabkan representasi ESD di Indonesia belum tereksplorasi.

Bermain merupakan aktivitas yang penting bagi anak. Kegiatan pembelajaran pada anak tingkat Pra Operasional (2-7 tahun) dan Operasional Konkrit (7--11 tahun) yang menyenangkan dilaksanakan melalui aktivitas permainan. 

Permainan bagi anak merupakan suatu aktivitas yang sangat menyenangkan, menimbulkan kegembiraan serta sebagai tempat mengekspresikan apa yang anak rasakan. 

Permainan adalah bagian mutlak dari kehidupan anak dan merupakan bagian integral dari proses pembentukan kepribadian anak. Artinya, dengan permainan itu anak belajar hidup. 

Permainan ular tangga ini merupakan salah satu media pelengkap untuk model pengenalan pra keaksaraan bagi anak. Permainan ular tangga pada model ini dimodifikasi cara bermainnya.

Manfaat Permainan Ular Tangga yaitu : 

1. Sebagai Media Pembelajaran yang menarik dan inovatif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan