Mohon tunggu...
KKN UMGunting
KKN UMGunting Mohon Tunggu... KKN Pulkam UM Gunting 2021

Kelompok KKN Pulkam Universitas Negeri Malang Desa Gunting 2021. Mengabdi dan berbagi kepada masyarakat.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Media Pembelajaran Gerhana Matahari dan Bulan, Membantu Siswa SDN Gunting 1 Belajar Menjadi Seru

18 Juni 2021   19:24 Diperbarui: 18 Juni 2021   19:36 128 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Media Pembelajaran Gerhana Matahari dan Bulan, Membantu Siswa SDN Gunting 1 Belajar Menjadi Seru
Kegiatan Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Gerhana Matahari dan Bulan/Dokpri

Sukorejo - Media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang penting dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Dengan menggunakan media pembelajaran tentunya membuat siswa lebih memahami materi karena sudah divisualisasikan dalam bentuk benda kongkret. Hari Rabu (16/6), mahasiswa KKN Pulang Kampung Desa Gunting Universitas Negeri Malang berinovasi menciptakan sebuah media pembelajaran yang berjumlah satu yang diimplementasikan dalam pelaksanaan program kerja "Pembuatan Media Pembelajaran untuk Percobaan Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan" di SDN Gunting 1. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 5 dengan nama wali kelas Ibu Anisatul Karimah, S.Pd. Kegiatan ini dihadiri siswa sebanyak 14 siswa dari total 32 siswa. Jumlah siswa yang mengikuti hanya setengah dari total siswa, dengan tujuan agar tempat duduk dapat diatur sedemikian rupa sehingga tetap menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan. Sebelum memasuki kelas, siswa dicek suhunya terlebih dahulu menggunakan thermometer gun dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, siswa juga diwajibkan menggunakan masker. Setelah itu, siswa mengisi daftar presensi dan duduk di tempat yang sudah diatur sedemikian rupa agar tetap menjaga jarak.

Cek Suhu Sebelum Pembelajaran Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Virus COVID-19/Dokpri
Cek Suhu Sebelum Pembelajaran Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Virus COVID-19/Dokpri

Pada awal pembelajaran, siswa mendapatkan beberapa materi dari mahasiswa KKN Pulang Kampung Desa Gunting Universitas Negeri Malang mengenai gerhana matahari dan gerhana bulan. Penanggung jawab dari program kerja ini adalah Yazid Al Basthomi dan Elsa Febri Dwiyanti dengan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Tomy Rizky Izzalqurny, S.E., M.S.A.,. Setelah diberikan beberapa materi mengenai gerhana matahari dan gerhana bulan, siswa dibentuk 4 kelompok dan dipersilahkan untuk mencoba media pembelajaran untuk praktikum gerhana matahari dan gerhana bulan. Siswa merasa sangat antusias ketika menggunakan media pembelajaran tersebut, karena berdasarkan informasi dari salah satu guru, Bapak Suhadi, S.Pd. mengatakan bahwa di SDN Gunting 1 belum memiliki media untuk percobaan gerhana matahari dan gerhana bulan.

Setelah melakukan percobaan, para siswa mengatakan bahwa media pembelajaran yang digunakan merupakan media yang menyenangkan dan dapat membuat siswa menjadi tidak bosan dalam belajar. Kemudian kegiatan ini ditutup dengan penyampaian kesimpulan dari beberapa siswa mengenai materi pembelajaran hari ini. "Sangat seru dan gak ngebosenin kak, jadi lebih betah kalau belajar seperti ini setiap hari dan lebih paham juga sama materi tentang gerhana bulan dan gerhana matahari" ujar salah satu siswa. Harapan kami sebagai mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Malang semoga dengan adanya program kerja ini dapat menambah pengalaman untuk para mahasiswa dan siswa. Selain itu, semoga kedepannya setiap pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang interaktif agar siswa semangat dan tidak bosan ketika belajar. (17/06)

VIDEO PILIHAN