Mohon tunggu...
KKNUMGEMBLEB2021
KKNUMGEMBLEB2021 Mohon Tunggu... Universitas Negeri Malang

Akun ini dikelola oleh tim infokom KKN Universitas Negeri Malang tahun 2021 desa Gembleb, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Edukasi Masyarakat Desa Gembleb Melalui Kegiatan Penyuluhan Protokol Kesehatan dan Vaksinasi Covid-19

24 Juni 2021   23:07 Diperbarui: 8 Juli 2021   18:01 69 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Edukasi Masyarakat Desa Gembleb Melalui Kegiatan Penyuluhan Protokol Kesehatan dan Vaksinasi Covid-19
Potret kebersamaan antara Ibu PKK, Posyandu, kader jumantik dan perwakilan Puskesmas Ngulan Kulon dengan tim KKN UM Desa Gembleb-dokpri

Trenggalek- pandemi Covid-19 belum berakhir, Universitas Negeri malang melalui tim KKN Pulang Kampung Desa Gembleb melakukan kegiatan penyuluhan Tentang Protokol Kesehatan dan vaksinasi untuk masyarakat Desa Gembleb.

 Kegiatan yang dilangsungkan pada tanggal 23 juni 2021 yang bertempat di SDN 2 Gembleb bertujuan agar masyarakat Desa Gembleb dapat lebih teredukasi terkait vaksinasi covid-19 dan protokol kesehatan 5M yang meliputi memakai masker,mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi. 

Tujuan penyelenggaraan penyuluhan ini juga disampaikan oleh pembawa acara sebagai perwakilan dari tim KKN desa Gembleb, bahwasannya “alasan menyelenggarakan acara penyuluhan covid-19 ini merupakan upaya edukasi ditengah pendistribusian vaksin covid-19 oleh pemerintah dan sebagai penangkal hoax (berita bohong) terkait isu vaksin covid-19 yang menyebabkan tingkat kepercayaan masyarakat akan vaksin ini rendah. 

Padahal pemberian vaksin ini merupakan solusi yang dinilai paling efektif untuk mengurangi penyebaran covid-19. Meskipun tidak 100% bisa melindungi seseorang dari infeksi virus Corona, vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat covid-19.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari tim KKN UM PULANG KAMPUNG di Desa Gembleb yang diikuti oleh perwakilan ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga), Perwakilan Posyandu, dan Perwakilan Kader jumantik (juru pemantau jentik). Penyuluhan yang dilaksanakan mulai pukul 8.30 WIB sampai jam 11.00 WIB dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan saat kegiatan berlangsung. 

Protokol kesehatan “menjauhi kerumunan” merupakan alasan tim KKN desa Gembleb membatasi jumlah masyarakat yang diundang dan lebih mengutamakan mengundang organisasi/Instansi kemasyarakatan. Tim KKN desa Gembleb berasumsi bahwa mengundang organisasi/Instansi kemasyarakatan dalam penyuluhan vaksinasi dan protokol kesehatan 5M dinilai sudah tepat sasaran dengan harapan ilmu yang diperoleh melalui penyuluhan ini dapat diteruskan kepada masyarakat luas utamanya masyarakat desa Gembleb, sehingga masyarakat desa Gembleb dapat teredukasi secara menyeluruh.

Pemaparan Materi Penyuluhan Protokol Kesehatan dan Vaksinasi Covid-19-dokpri
Pemaparan Materi Penyuluhan Protokol Kesehatan dan Vaksinasi Covid-19-dokpri

Pada kegiatan ini, materi disampaikan oleh mas Sakti Triono Raharjo selaku perwakilan dari Puskesmas Ngulan Kulon, Kabupaten Trenggalek dengan materi yang disampaikan bertema penyuluhan vaksinasi dan upaya menghadapi pandemi covid-19. Pemaparan materi yang diselingi sesi tanya jawab merupakan metode yang digunakan untuk membuat suasana penyuluhan aktif dan responsif. Setelah penyampaian materi penyuluhan terdapat kegiatan foto bersama dengan banner yang berisi informasi mengenai vaksinasi covid-19. Banner vaksinasi covid-19 ini merupakan hasil karya tim KKN UM desa Gembleb, dengan harapan banner ini dapat digunakan sebagai media edukasi masyarakat desa Gembleb.

Dengan adanya penyuluhan protokol kesehatan dan vaksinasi covid-19 ini diharapkan masyarakat desa Gembleb lebih patuh dalam melakukan protokol kesehatan dan masyarakat mendapatkan edukasi terkait vaksinasi covid-19, sehingga ketika nanti ada kegiatan vaksinasi covid-19 di desa Gembleb maka masyarakat bisa yakin dan tidak ragu-ragu untuk suntik vaksin covid-19.

Author : Reni/Galih

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x