Mohon tunggu...
kknumdukuh2021
kknumdukuh2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN UM DUKUH 2021

KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang Desa Dukuh Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Tingkatkan Pendapatan Masyarakat Lokal, KKN UM Desa Dukuh Lakukan Pelatihan Pemasaran Produk Melalui Digital Marketing

24 Juli 2021   14:02 Diperbarui: 24 Juli 2021   14:04 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama peserta pelatihan pemasaran produk setelah usai acara (Dokpri)

Tulungagung - Mahasiswa KKN Pulang kampung Desa Dukuh melaksanakan program kerja pelatihan pemasaran produk melalui digital marketing yang dilaksanakan pada hari Sabtu (17/07/2021) pukul 09.00 WIB kemarin dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai simbol kecintaan kita kepada tanah air dan tanda telah dibukanya acara pelatihan pemasaran. Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat lokal melalui penerapan pemasaran di media digital. Hal tersebut mengingat bahwa pada era 4.0 ini, semua kalangan menggunakan teknologi digital sebagai punggung pemasaran produknya. Masyarakat saat ini lebih suka melakukan jual beli melalui online karena dianggap lebih efisien dan praktis.

Kegiatan pelatihan ini bertempat di Balai Desa Dukuh yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK dan para pengusaha, baik pengusaha jamu, besek modern, kue, dan lainnya yang bertempat tinggal di Desa Dukuh. Dengan semangat kebersamaan, tim KKN UM membuat buku panduan pemasaran produk untuk dibagikan kepada masyarakat yang hadir di acara pelatihan.Pemateri pada program kerja ini adalah anggota dari tim KKN UM Desa Dukuh yaitu Rori Amelya Rumpaka dari Jurusan Sejarah dan Juhaina Aulia Hamidah dari Jurusan Manajemen. Pemateri memberikan cukup banyak ilmu terkait cara pemasaran yang mudah memikat konsumen dan cara untuk mendaftar ke marketplace seperti shopee dan tokopedia. Selain itu, pemateri juga memberikan saran untuk memanfaatkan instagram sebagai media untuk penjualan produk. Hal tersebut memunculkan daya tarik ibu-ibu PKK untuk bertanya. "Bagaimana caranya supaya produk yang dijual akan terus masuk di beranda (dapat muncul di beranda orang lain), lalu terkait jumlah followers, bagaimana supaya akun instagramnya memiliki followers yang banyak?" ujar Bu Yuyun. Dengan berbagai informasi yang diberikan pemateri dan penjelasan yang ada di buku panduan, membuat antusias masyarakat untuk mencoba penjualan secara online.

Penyampaian materi pemasaran produk (digital marketing) oleh mahasiswa KKN UM (Dokpri)
Penyampaian materi pemasaran produk (digital marketing) oleh mahasiswa KKN UM (Dokpri)

Di akhir kegiatan, mahasiswa KKN UM memberikan fasilitas pembuatan logo produk UMKM kepada masyarakat yang hadir. Dengan senang hati, ibu-ibu PKK dan para pengusaha memberikan nama dan konsultasi terkait desain kepada tim KKN UM Desa Dukuh. Dengan berbagai fasilitas yang diberikan, mahasiswa KKN UM berharap agar semuanya dapat bermanfaat dalam jangka waktu yang panjang dan bahkan dapat diterapkan maupun diajarkan kepada masyarakat lainnya agar masyarakat lebih kreatif, inovatif, dan memiliki rasa keingintahuan terhadap dunia digital.

Ibu PKK dan pelaku usaha yang berkonsultasi terkait desain logo produk kepada mahasiswa KKN UM (Dokpri)
Ibu PKK dan pelaku usaha yang berkonsultasi terkait desain logo produk kepada mahasiswa KKN UM (Dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun