Mohon tunggu...
kknumdukuh2021
kknumdukuh2021 Mohon Tunggu... KKN UM DUKUH 2021

KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang Desa Dukuh Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembukaan KKN Pulang Kampung UM di Desa Dukuh, Kecamatan Gondang, Tulungagung

17 Juni 2021   09:29 Diperbarui: 17 Juni 2021   09:59 101 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembukaan KKN Pulang Kampung UM di Desa Dukuh, Kecamatan Gondang, Tulungagung
Foto Bersama dengan Bapak Kepala Desa Dukuh dan DPL / dokpri

Bertepatan pada 15 Juni 2021, tim KKN pulang kampung UM telah berhasil menyelenggarakan acara pembukaan KKN di Desa Dukuh. Kegiatan ini berlangsung bertempat di Balai Desa Dukuh yang dimulai pada pukul 08.30 WIB. Kegiatan diselanggaran oleh tim KKN beranggotakan 18 mahasiswa dari berbagai jurusan ini merupakan sebuah penanda awal perjalanan KKN pulang kampung di Desa Dukuh. Acara yang diselenggarakan berlangsung khidmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pembukaan KKN ini dihadiri oleh Bapak Cuk Sindu Wiyoso selaku Kepala Desa Dukuh, Dosen Pembimbing Lapangan oleh Bapak Dr. Alif Mudiono, M.Pd, dan segenap tamu undangan dari perwakilan kelompok masyarakat yang ada di desa diantaranya Kelompok Wanita Tani (KWT), PKK, Karang Taruna, dan perwakilan guru TK dan PAUD. Dengan diundangnya berbagai kelompok masyarakat tersebut diharapkan dapat terjalin komunikasi atau koordinasi yang baik antara mahasiswa dan masyarakat nantinya.

Sambutan Oleh Bapak Kepala Desa Dukuh, DPL, dan Koordinasi Desa / dokpri
Sambutan Oleh Bapak Kepala Desa Dukuh, DPL, dan Koordinasi Desa / dokpri

Acara yang dilaksanakan pada hari Selasa ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama oleh Koordinasi desa yaitu Mokh. Sabiq dengan menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat desa Dukuh khususnya kepada Kepala Desa yang telah menerima dan memberikan tempat bagi tim KKN Pulang Kampung selama 45 hari kedepan. Kami bertujuan untuk membangun atau memajukan masyarakat yang kreatif, inovatif, dan canggih akan digital.

Sambutan kedua dilanjutkan Bapak Dr. Alif Mudiono, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan kkn Pulang Kampung UM di Desa Dukuh. Beliau menuturkan agar kami dapat mengabdi dan menyalurkan ilmu kami kepada masyarakat. selain itu, Beliau menitipkan mahasiswa yang tergabung dalam tim KKN Pulang Kampung Desa Dukuh 2021 untuk dapat diterima selama melakukan program kerja di Desa Dukuh.

Selanjutnya, sambutan yang terakhir disampaikan oleh Kepala Desa Dukuh yaitu Bapak Cuk Sindu Wiyoso. Beliau berpesan dalam sambutannya agar teman-teman mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan bersosialisasi dengan masyarakat selama mengikuti program KKN Pulang Kampung di Desa Dukuh. Dan harapannya mampu mengubah pola pikir masyarakat dalam pengembangan produk lokal karena hal tersebut sangat penting di era digital saat ini. Tim KKN Pulang Kampung Desa Dukuh 2021 memiliki 10 program kerja yang akan berlangsung mulai 16 Juni 2021. Program kerja yang telah disusun disampaikan dan dikoordinasikan kepada masyarakat yang menjadi sasaran.

Pemotongan Tumpeng Sebagai Simbol Dibukanya KKN Pulang Kampung di Desa Dukuh, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung / dokpri
Pemotongan Tumpeng Sebagai Simbol Dibukanya KKN Pulang Kampung di Desa Dukuh, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung / dokpri

Di penghujung acara, sebagai simbolis pembukaan KKN Pulang Kampung dilakukan dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Kepala Desa Dukuh dan Dosen Pembimbing Lapangan. Harapan diadakannya KKN Pulang Kampung ini semoga kegiatan membawa manfaat besar dan kemajuan bagi desa khususnya masyarakat Desa Dukuh.

VIDEO PILIHAN