Mohon tunggu...
KKN Desa Clumprit
KKN Desa Clumprit Mohon Tunggu... Kuliah Kerja Nyata Semester Antara Universitas Negeri Malang

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sementer Antara, Universitas Negeri Malang 20 - 8 Juli 2019 Desa Clumprit, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

KKN UM bersama PKK Clumprit Harumkan Desa dengan Kreasi Kewirausahaan

17 Juni 2019   09:59 Diperbarui: 17 Juni 2019   10:14 0 0 0 Mohon Tunggu...
KKN UM bersama PKK Clumprit Harumkan Desa dengan Kreasi Kewirausahaan
Foto Bersama Setelah Acara (dokpri)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian mahasiswa dengan cara terjun langsung dimasyarakat, dalam hal ini  mahasiswa langsung berhubungan dengan warga dan menerapkan berbagai ilmu serta pengalaman guna mengabdi pada masyarakat. Melalui program KKN diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang berharga kepada mahasiswa atas keterlibatannya dalam kehidupan bermasyarakat.

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang memberikan sebuah program berupa pelatihan pembuatan "Bunga Pengharum Ruangan Berbahan Dasar Sabun Mandi", di Desa Clumprit, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut diadakan pada hari Sabtu (15/6/2019) pukul 10.00 WIB yang diikuti oleh 35 peserta bertempat di Balai Desa Clumprit dengan narasumber Ibu Sri Wahyuningsih,S.E yang merupakan Kasi Pemberdayaan Keluarga Sejahtera Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Malang. Program pelatihan ini dipelopori  KKN UM di Desa Clumprit dengan ketua pelaksana Inani Oni Irsana.

Suasana Pelatihan (dokpri)
Suasana Pelatihan (dokpri)

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKK oleh ibu-ibu PKK dan mahasiswa KKN. Selanjutnya sambutan oleh DPL KKN UM Desa Cumprit bapak Masculine Muhammad Muqorobin, S.E, M.Si dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelakasana yaitu Inani Oni Irsana dan sambutan perwakilan ibu-ibu PKK oleh Ibu Suyati sekaligus membuka acara tersebut.

Dengan adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan warga Desa Clumprit (PKK) terkait dengan pembuatan produk kreasi kewirausahaan "Bunga Pengharum Ruangan Berbahan Dasar Sabun Mandi", melatih keterampilan warga Desa Clumprit (PKK) dalam mengolah  bahan sabun dan menjadikannya sebuah produk kreasi kewirausahaan yang bernilai jual, dengan memberikan stimulus kreasi baru dalam proses pemberdayaan masyarakat kepada PKK.

Antusiasme Ibu-ibu PKK (dokpri)
Antusiasme Ibu-ibu PKK (dokpri)

Antusias dari ibu-ibu PKK sangat tinggi. Hal itu dibuktikan dari semangat ibu-ibu PKK yang saling bahu membahu dengan mahasiswa KKN UM dalam mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, kegiatan pelatihan seperti ini jarang diadakan di Desa Clumprit. Karena kegiatan yang sering dilakukan yaitu pelatihan yang berkaitan dengan masakan. Oleh karena itu, pelatihan produk kreasi kewirausahaan di luar masakan dianggap cocok dalam mengembangkan kreasi pelatihan yang lebih kompleks. Hal ini didukung penuh oleh antusias ibu-ibu PKK dan dibuktikan dari pendapat Ibu Utami (salah seorang peserta pelatihan) sebagai berikut  "Pada saat pelatihan, kita tidak menemukan kendala hanya perlu ketelatenan saja", (15/6/2019). Bahan dan cara pembuatannya pun tergolong mudah dan dapat dibentuk sesuai keinginan sehingga dapat meningkatkan kreatifitas dan juga mengembangkannya menjadi sebuah usaha UMKM baru di Desa Clumprit. Ibu-ibu PKK juga membawa pulang hasil karya mereka dan diharapkan ibu-ibu peserta pelatihan termotivasi untuk membuatnya sendiri dengan aneka ragam bentuk di rumahnya masing-masing.

Panitia Pelatihan Bunga Sabun (dokpri)
Panitia Pelatihan Bunga Sabun (dokpri)