Mohon tunggu...
KKN DESA PLANDI
KKN DESA PLANDI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kelompok KKN UM 2021

Berisi tentang kegiatan serta program kerja yang kami laksanakan selama melakukan pengabdian masyarakat KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Kegiatan Kerja Bakti Rutin Sebagai Wujud Peduli Lingkungan oleh Kelompok KKN Universitas Negeri Malang di Desa Plandi

30 Juli 2021   07:40 Diperbarui: 30 Juli 2021   08:16 48 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan Kerja Bakti Rutin Sebagai Wujud Peduli Lingkungan oleh Kelompok KKN Universitas Negeri Malang di Desa Plandi
Kegiatan Pemotongan Rumput (Dokpri)

Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar Desa Plandi, kelompok Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang mengadakan kerja bakti membersihkan jalan di sekitar wilayah perkebunan tebu, pertanian dan pemukiman warga.

Di Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang memiliki mayoritas penduduk yang bekerja sebagai petani dan pekebun dimana luas wilayah desa didominasi oleh lahan pertanian dan perkebunan yang tak memiliki pemukiman. Sehingga jarang sekali dilakukan pembersihan yang menyebabkan penumpukan sampah dedaunan kering serta rerumputan menjulang.

Oleh sebab itu, sasaran kerja sosial ini adalah kegiatan pemotong rumput, pembersihan sampah daun kering sisa panen tebu serta pembersihan area sekitaran jalan wilayah Desa Plandi. Kegiatan rutin ini telah dilaksanakan 3 kali pada tanggal 26 Juni, 04 Juli dan 10 Juli 2021.

Foto Bersama Mahasiswa KKN UM dengan Warga dan Kades Desa Plandi (Dokpri)
Foto Bersama Mahasiswa KKN UM dengan Warga dan Kades Desa Plandi (Dokpri)

Tak hanya warga Desa Plandi dan Mahasiswa KKN UM saja yang ikut serta dalam kerja bakti ini, tanggapan positif dari pemerintah menjadikan alasan Kades Desa Plandi ikut terjun langsung ke lapangan untuk membantu jalannya kegiatan. Seluruh peserta kegiatan membersihkan lingkungan dengan penuh semangat tanpa mempedulikan status sosial yang ada.

Diharapkan dengan adanya kegiatan bakti sosial peduli lingkungan ini dapat memper-erat hubungan antar warga, meningkatkan jiwa gotong royong sekaligus menjadikan Desa Plandi menjadi desa yang asri dan nyaman untuk dihuni.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN