Mohon tunggu...
KKN DesaTunge
KKN DesaTunge Mohon Tunggu... KKN Pulang Kampung Desa Tunge Kecamatan Wates Kabupaten Kediri

KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang “Menuju Desa Bermutu, KKN UM Bisa!!!”

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pendampingan Penanaman Bibit Pohon di Lingkungan Sumber Mata Air pada Komunitas Oleng-oleng

22 Juli 2021   15:50 Diperbarui: 22 Juli 2021   16:40 29 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendampingan Penanaman Bibit Pohon di Lingkungan Sumber Mata Air pada Komunitas Oleng-oleng
Foto Bersama di Sumber Jambu/Dokpri

Kediri -- Mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata Pulang Kampung Universitas Negeri Malang Desa Tunge melakukan penanaman bibit pohon sebagai upaya bentuk penghijauan di beberapa titik sumber yang terletak di Desa Tunge Kecamatan Wates Kabupaten Kediri selama dua hari yaitu, pada hari Jumat (09/07/2021) dan hari Minggu (11/07/2021).

Penanaman bibit pohon ini merupakan salah satu diantara program kerja KKN Pulang Kampung UM Desa Tunge. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa KKN Pulang Kampung Desa Tunge dengan mengajak peran aktif perwakilan lembaga kemasyarakatan yaitu Kepala Urusan Umum (KAUR UMUM) Desa Tunge dan Perwakilan Komunitas Oleng-Oleng.

Proses Penanaman Bibit Pohon/Dokpri
Proses Penanaman Bibit Pohon/Dokpri

Terdapat 20 bibit pohon yang akan ditanam. Jenis bibit pohon tersebut antara lain adalah Beringin (Ficus Benyaamia L), Trembesi (Samanea Saman (Jacq.) Merr), Aren (Arenga Pinnata), Elo (Ficus Glomerata), Preh (Ficus Annulata), Kepuh (Sterculia Foetida L.), Jambu Air (Syzygium Aqueum), Jambu Alas (Syzygium Pycnanthum) dan sejumlah bibit pohon buah lainnya.

Tak hanya penanaman bibit pohon, mahasiswa KKN Pulang Kampung Desa Tunge juga bergotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar sumber. Selain itu juga mahasiswa memasang benner peringatan dilarang menangkap ikan menggunakan alat setrum, bahan kimia, dan membuang sampah sembarangan yang dapat merusak ekosistem di sekitar sumber.

Membersihkan Lingkungan Sumber/Dokpri
Membersihkan Lingkungan Sumber/Dokpri
Pemasangan Benner/Dokpri
Pemasangan Benner/Dokpri
Dengan adanya kegiatan penanaman bibit pohon dari mahasiswa KKN Pulang Kampung Desa Tunge ini bertujuan agar masyarakat lebih sadar untuk mencintai lingkungan, dan diharapkan dapat menambah daerah resapan air dalam mencegah air masuk ke wilayah penduduk, mengingat letak sumber dekat dengan pemukiman warga.

Foto Bersama di Sumber Tunge/Dokpri
Foto Bersama di Sumber Tunge/Dokpri

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x