Mohon tunggu...
KKNT FIA UB 35
KKNT FIA UB 35 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Brawijaya

Mahasiswa Universitas Brawijaya - Kegiatan PKM/KKNT FIA UB 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Festival Budaya Kampung Dilem Desa Gondowangi Kembali Hadir dengan Menggandeng Dalang Kenamaan Ki Anom Suroto

3 Agustus 2022   18:36 Diperbarui: 3 Agustus 2022   19:10 318 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri: Festival Kampoeng Dilem 5 Hari Pertama (1/8/2022)

Siapa sangka di tengah hiruk pikuk kesibukan Kota Malang, masih bertahan salah satu desa di Kabupaten Malang, Desa Gondowangi yang masih menjunjung budaya dan tradisi turun temurun di setiap relung kehidupan warganya. 

Desa yang penuh dengan kemajuan namun tetap menjaga segala bentuk identitasnya dengan apik ini memiliki banyak daya tarik yang memukau. Berbagai bentuk kesenian tradisional masih dipertahankan untuk tetap hidup ditengah lajunya arus globalisasi dan modernisasi.

Dokpri.  Mini konser oleh Panji Laras Svara (1/8/2022)
Dokpri.  Mini konser oleh Panji Laras Svara (1/8/2022)

Menariknya, tidak hanya masyarakat di golongan tua, para generasi muda di Desa Gondowangi menunjukkan antusiasme yang besar terhadap budaya tradisional yang dibuktikan dengan banyaknya penampilan atraksi gamelan, wayangan, bantengan, barongan, hingga seni tari. Maka, tentu tidak asing bahwa Festival Budaya Kampung Dilem menjadi salah satu event besar kebanggan Desa Gondowangi. 

Dopri: Penampilan Duo Ethnic Holic (2/8/2022)
Dopri: Penampilan Duo Ethnic Holic (2/8/2022)

Festival Budaya Kampung Dilem yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh Desa Gondowangi, merupakan kegiatan bersih desa yang digelar dalam rangka memperingati 1 Suro. Setelah dua tahun vakum akibat pandemi, akhirnya pagelaran seni kebanggan Desa Gondowangi ini kembali digelar tentunya dengan berbagai tampilan yang akan turut memeriahkan acara ini.

Dopri: Penampilan Raiv Band (2/8/2022)
Dopri: Penampilan Raiv Band (2/8/2022)

Festival Budaya Kampung Dilem 5 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1 hingga 6 Agustus 2022 ini menyajikan berbagai penampil menarik yang akan menemani penonton selama satu minggu berjalannya acara. 

Beberapa penampilan yang bisa Anda temui di acara ini antara lain adalah penampilan dari beberapa sanggar tari, musik tradisional dan band, reog dan warog, pertunjukan berbagai jenis wayang, atraksi seni bela diri, hingga pagelaran wayang kulit yang dipandu oleh dalang kenamaan Indonesia, Ki Anom Suroto pada puncak acara yakni pada tanggal 6 Agustus 2022. 

Selain penampilan yang menarik di setiap harinya, Anda juga bisa menemui stan-stan yang menjajakan berbagai kuliner menarik yang pastinya patut dicicipi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan