Mohon tunggu...
Moh Fikri Nurhidayat
Moh Fikri Nurhidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

berwirausaha

Selanjutnya

Tutup

Seni

Sanggar Seni Lego Laras Desa Tembokrejo Kecamatan Gumukmas Lestarikan Seni Pewayangan Melalui Pembinaan Dalang Cilik

29 Agustus 2022   15:14 Diperbarui: 29 Agustus 2022   15:30 53 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

JEMBER, Jumat (26/08/2022) - Sanggar Pasinaon Seni Lego Laras Desa Tembokrejo Kec. Gumukmas aktif mewadahi serta mendidik talenta-talenta muda yang  bersemangat menekuni kesenian daerah seperti seni dalang, sinden, dan karawitan. Awal mulanya, sanggar didirikan pada tahun 1995 oleh Bapak Lego Suprapto dengan anggota yang sudah senior. 

Ki Andik Fery Bisono, selaku pelatih pedalangan menyampaikan bahwa sejak Februari 2020, aktivitas sanggar berkembang menjangkau siswa yang tidak dapat melakukan pembelajaran secara langsung di lembaga pendidikan akibat pandemi covid-19. Kegiatan tersebut tentu memberikan dampak yang positif meskipun di tengah keterbatasan yang ada.

"Awalnya terdapat 14 anak dari TK sampai SMP, namun sekarang berkurang dan tersisa 7 anak. Kemudian, terdapat 6 anak untuk sinden dari SMP sampai Mahasiswa. Anak didik sanggar ini juga telah berprestasi tampil dalam acara Sabet Wayang Kulit yang diadakan oleh Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Surakarta) yaitu Sheilo Dwistanoka Az-Zahra, siswa SMPN 1 Kencong dan Sri Sabdho Kuncoro, siswa SMP Al Mujahidi Tembokrejo, Gumukmas.'' 

Pementasan dalang cilik pada sanggar ini masih terbatas pada wilayah Jember karena sifatnya masih belajar. Bapak Lego selaku pemilik sanggar berpesan kepada seluruh muridnya untuk terus semangat belajar dan berani berkreasi karena budaya merupakan salah satu unsur benteng dari sebuah negara dan bangsa yang kuat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan