Mohon tunggu...
Naila Safitri
Naila Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa KKN Tematik UM 2021 di Kampung Wisata Kungkuk

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Mahasiswa KKN UM Terlibat dalam Pembuatan (Jiaozi) dengan Manfaatkan SDA Kampung Wisata Kungkuk

21 Juli 2021   18:00 Diperbarui: 21 Juli 2021   18:17 88 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Terlibat dalam Pembuatan (Jiaozi) dengan Manfaatkan SDA Kampung Wisata Kungkuk
Bahan utama membuat Jiaozi/Foto: Dok. Pribadi

Jum'at, 2 Juli 2021 kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Negeri Malang (UM) menunjukkan dukungan mereka dalam hal membantu warga kampung wisata kungkuk khususnya ibu-ibu PKK. Dukungan ini berupa kegiatan yang memperkenalkan salah satu masakan Tiongkok yaitu (Jiozi). 

Dalam sebuah wawancara, Pak Didik selaku ketua Kampung Wisata Kungkuk berkata " Tamu disini itu biasanya hanya diberi tahu tempe untuk makanannya ". Oleh karena itu mahasiswa KKN UM berinovasi untuk membuat resep (Jiozi) yang ekonomis dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Kampung Wisata Kungkuk. Nantinya pelatihan ini dikemas dalam bentuk video, mengingat pandemi yang semakin meningkat sehingga tidak bisa melakukan pelatihan secara langsung.

Proses pengambilan video tutorial memasak jiaozi/Foto: Dok. Pribadi
Proses pengambilan video tutorial memasak jiaozi/Foto: Dok. Pribadi

Kegiatan pelatihan memasak masakan Tiongkok dilaksanakan pada tanggal 25 Juni-18 Juli 2021. Kegiatan ini diawali dari mencari referensi resep masakan Tiongkok yaitu (Jiozi) melalui Youtube dan beberapa website

Kemudian mahasiswa yang dikoordinatori oleh Rosalina Amara dan Siti Zulaikha melakukan survey ke desa untuk melihat jenis sayuran apa saja yang ditanam oleh masyarakat sekitar. Kegiatan selanjutnya yaitu membuat resep (Jiozi) dengan memanfaatkan sayuran yang ada di Kampung Wisata Kungkuk. Pada tanggal 2 Juli para mahasiswa KKN UM melakukan take video. Nantinya video itu akan disebar luaskan kepada ibu-ibu PKK melalui grup WhatsApp.

Ibu Kasiati selaku ibu RW dan ketua PKK Kampung Wisata Kungkuk berterimakasih atas dukungan dan kepedulian para mahasiswa KKN UM. Karena mahasiswa KKN UM telah memberikan ilmu berupa cara memanfaatkan hasil kebun mereka menjadi olahan masakan yang menarik dan nantinya dapat digunakan untuk menjamu para wisatawan yang berkunjung ke Kampung Wisata Kungkuk.

Membagikan hasil pembuatan Jiaozi kepada Ketua PKK dan perwakilan tiap RT/Foto: Dok. Pribadi
Membagikan hasil pembuatan Jiaozi kepada Ketua PKK dan perwakilan tiap RT/Foto: Dok. Pribadi

Untuk video tutorial memasak Jiaozi sudah bisa ditonton di Channel Youtube KKN UM Kampung Wisata Kungkuk di bawah ini:


Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN