Mohon tunggu...
KKNT KEL124LUMAJANG
KKNT KEL124LUMAJANG Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN-TEMATIK MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur Kelompok 124 Lumajang

Mahasiswa KKN-TEMATIK MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur Kelompok 124 Lumajang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembuatan Tempat Sampah oleh Mahasiswa KKNT Kelompok 124 UPN Veteran Jatim demi Wujudkan Desa Jatimulyo yang Bersih

25 Mei 2022   15:32 Diperbarui: 25 Mei 2022   20:53 122 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tim KKNT UPN "Veteran" Jawa Timur berinovasi membuat tempat sampah untuk mewujudkan Desa Jatimulto, Kecamatan Kunir, Lumajang yang bersih. Sesuai dengan slogan "Kebersihan Adalah Sebagian Dari Iman". Tempat sampah tersebut diletakkan di lokasi yang mudah dijangkau warga, seperti di Balai Desa. Hal itu mereka lakukan pada Rabu (25/5).

Kebersihan adalah upaya manusia untuk melindungi diri dan lingkungan kita dari kotoran. Kebersihan merupakan prasyarat bagi kesehatan yang baik untuk mencapai dan memelihara kehidupan yang sehat dan nyaman. Kesehatan merupakan  salah satu faktor yang dapat mendatangkan kenyamanan dan kebahagiaan. Sampah merupakan masalah bagi warga Desa Jatimulyo karena  dapat menyebabkan berbagai jenis masalah. Sampah bisa berasal dari mana saja, termasuk sampah rumah tangga dan lingkungan. Berdasarkan pengamatan yang mereka lakukan, tim KKNT 124 UPNVJT melihat banyaknya sampah yang berserakan dan munculah ide untuk membuat program pembuatan tempat sampah.

Program kerja ini, tim KNT 124 UPNVJT meningkatkan kesadaran masyarakat tentang memproduksi tempat sampah organik dan non-organik. Selain itu, warga akan lebih mudah untuk membuang sampah, dan akan lebih mudah bagi warga untuk memisahkannya.

Kegiatan ini dilakukan pada minggu ke-8, dimulai dengan persiapan alat dan bahan yang diperlukan, pengecatan timba-timba yang digunakan untuk tempat sampah, dan pembuatan tempat sampah yang berasal dari pipa. Mereka menempatkan beberapa tong sampah. Hal tersebut mereka lakukan agar masyarakat Desa Jatimulyo lebh mudah menjangkau tempat sampah serta tidak membuang sampah sembarangan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan