Mohon tunggu...
KKN SUMBERAGUNG 2021
KKN SUMBERAGUNG 2021 Mohon Tunggu... Universitas Negeri Malang

KKN Sumberagung, Ngantang, Kab. Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pembukaan Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang 11 Juni 2021 di Desa Sumberagung, Malang, Jawa Timur.

20 Juni 2021   14:10 Diperbarui: 20 Juni 2021   14:43 102 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembukaan Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang 11 Juni 2021 di Desa Sumberagung, Malang, Jawa Timur.
Pembukaan KKN Sumberagung, Ngantang

Sejumlah Mahasiswa dan Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang tergabung dalam Kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang melaksanakan acara pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang  dilakukan pagi pukul 09.00-11.30 WIB pada hari Jumat 11 Juni 2021 yang berlokasi balai desa Sumberagung. Pembukan Kuliah Kerja Nyata dilakukan sederhana dengan kegiatan perkenalan mahasiswa dan mahasiswi peserta Kuliah Kerja Nyata dengan Kepala Desa Sumberagung tanpa mengundang warga dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Pembukaan Kuliah Kerja Nyata berjalan lancar diawali dengan mahasiswa datang ke Desa yang kemudian ketua kelompok Kuliah Kerja Nyata menyampaikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang akan berlangsung selama 45 hari di Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Desa Sumberagung Bapak Suhartono, S. Pd.

Rangkaian kegiatan pembukaan KKN tersebut berisikan penyampaian program kerja oleh masing-masing penanggung jawab program kerja yang akan dilakukan di Desa Sumberagung selama waktu KKN berlangsung. Seluruh rangkuman Program Kerja yang akan dilaksanakan disampaikan oleh sekertaris kelompok yang diusulkan kepada pihak Desa untuk memberitahu sekaligus meminta izin untuk melaksanakan program kerja tersebut. Tujuan kelompok melakukan Kuliah Kerja Nyata di Desa Sumberagung, tak lain untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya merupakan pengabdian kepada masyarakat yang mana melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Harapan  dari kelompok Kuliah Kerja Nyata  2021 di Desa Sumberagung dapat berinteraksi akrab dengan perangkat desa serta masayarakat Desa Sumberagung untuk mensukseskan kegiatan dan program kerja dari KKN ini.

Kegiatan berikutnya Bapak Suhartono, S. Pd selaku Kepala Desa Sumberagung menyampaikan mengenai Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Bapak Suhartono menjelaskan kepada kelompok KKN dari Universitas Negeri Malang mengenai potensi yang dimiliki Desa Sumberagung antara lain kebun kopi, batik, kebun durian, waduk, dan peternak. Dilanjutkan memperkenalkan jajaran staf Desa Sumberagung beserta tokoh-tokoh yang berada di Desa Sumberagung. Kegiatan ini resmi dibuka dengan kata-kata harapan dan doa dari bapak kepala desa yang disampaikan kepada Kelompok KKN Universitas Negeri Malang, yang kemudian ditandai dengan pemasangan banner KKN disertai foto bersama anggota kelompok dengan Bapak Suhartono, S. Pd.

Kunjungan ke Rumah Ibu Sri Puyuh
Kunjungan ke Rumah Ibu Sri Puyuh

Dilanjutkan dengan kegiatan KKN yang dapat dilakukan setelah pembukaan di kantor Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang yaitu mengunjungi rumah Ibu Sri Puyuh lokasi produksi batik Sumberagung yang merupakan karya dari ibu-ibu terampil di Desa Sumberagung, kegiatan ini juga berkaitan dengan program kerja yang akan dilakukan oleh kelompok KKN Universitas Negeri Malang di Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

VIDEO PILIHAN