Mohon tunggu...
KKNSUGIHREJO
KKNSUGIHREJO Mohon Tunggu... Akun KKN UM

Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Nugget Kekinian dari Pisang

20 Juni 2019   21:01 Diperbarui: 20 Juni 2019   21:07 0 0 0 Mohon Tunggu...
Nugget Kekinian dari Pisang
dokpri

Tanaman pisang sangat mudah tumbuh di semua tempat. Buahnyapun bisa diolah berbagai macam makanan, mulai dari keripik, kolak, gorengan dan masih banyak lainnya. Seperti halnya dengan yang dilakukan oleh kelompok KKN Universitas Negeri Malang Kabupaten Lamongan, pisang diubah menjadi olahan masa kini yaitu Nugget. Jika nugget pada umumnya berbahan dasar daging atau ikan, kali ini berbahan dasar dari buah pisang. Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung di Dusun Ketanon Desa Sugihrejo Kecamatan Sukodadi Lamongan pada sabtu, 15 Juni 2019 kemarin.

Bekerja sama dengan anggota PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) tingkat desa, pelatihan pembuatan pisang nugget berjalan dengan lancar. Antusiasme ibu-ibu PKK yang besar membuat panitia semangat mendemonstrasikan proses pembuatan pisang nuggetnya. Alasan memilih pisang sebagai bahan dasar dikarenakan salah satu potensi desa Sugihrejo yaitu buah pisang. Hampir di setiap pekarangan rumah warga terdapat tanaman pisang. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat mengembangkan potensi desa, tentunya dengan berinovasi dan terciptanya wirausaha-wirausaha didesa.

Acara yang berlangsung selama dua jam ini di mulai dari demonstrasi dari panitia dan selanjutnya giliran ibu-ibu yang mempraktekannya. Untuk mempraktekkannya, 38 peserta dibagi menjadi dua kelompok agar lebih mudah proses pembuatannya. Sampai pada tahap penggorengan adonan, dua kelompok tadi digabung kembali. Berikut cara pembuatannya :

  • Haluskan pisang menggunakan garpu atau mixer
  • Masukkan tepung terigu, susu bubuk, garam, gula, dan parutan keju lalu diaduk secara merata dengan adonan
  • Masukkan telur, aduk telur hingga rata dengan adonan yang sudah disiapkan
  • Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega, lalu tuangkan adonan ke dalam Loyang
  • Kukus selama 20 hingga 25 menit atau sampai matang, kukusan harus dipanaskan terlebih dahulu, masukkan adonan ketika sudah mendidih
  • Setelah matang tunggu dingin lalu dipotong sesuai dengan selera
  • Siapkan pencelup dari tepung terigu, tambahkan air agar tidak terlalu kental atau mencair
  • Celupkan nugget yang sudah dikukus lalu lumuri dengan tepung panir secara merata
  • Setelah itu bisa digoreng hingga matang dan diberi topping sesuai selera dan siap disajikan

Hasil nugget yang dibuat ditempat langsung dicicipi oleh para peserta. Selain itu juga semua peserta mendapat oleh-oleh yang sudah disiapkan panitia. Harapan dari panitia tentunya agar ibu-ibu belajar mengolah bahan sederhana secara kreatif dan agar melatih berwirausaha. "Saya senang dengan pelatihan ini, semoga bisa buat sendiri dan dijual "ujar salah satu peserta.