Mohon tunggu...
KKN Desa Sekarmojo
KKN Desa Sekarmojo Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Pulkam UM 2021

KKN Desa Sekarmojo merupakan kegiatan KKN Pulkam UM 2021 yang berlokasi di Desa Sekarmojo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran LinkTree untuk Guru SD

4 Desember 2021   11:45 Diperbarui: 4 Desember 2021   11:52 42 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kebijakan umum pada program merdeka belajar di kampus merdeka ini bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang tangguh terhadap perubahan sosial, budaya, keprofesian dan teknologi yang berkembang pesat di era Revolusi Industri 4.0. Ijazah sangat erat kaitannya dengan proses membangun kemampuan mahasiswa sesuai ilmu pengetahuan yang dipadukan dengan keterampilan. Demikian pula, program MBKM menawarkan pendidikan siswa sebagai salah satu kegiatan yang dianggap sebagai peningkatan kompetensi mahasiswa (lulusan), terutama calon guru.

Kualitas pendidikan dasar dan menengah Indonesia masih sangat rendah. Menurut PISA 2018, Indonesia menempati peringkat ke-7 dari bawah yang menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia secara umum masih rendah. Seperti kita ketahui, banyak satuan pendidikan di Indonesia yang memiliki berbagai permasalahan, baik  formal, informal maupun nonformal. Menyikapi fenomena tersebut, Program Penelitian Keguruan dan Ilmu Pendidikan S1  Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang memilih untuk mengikuti program kegiatan pendidikan kemahasiswaan berupa program MBKM yang  dilakukan oleh mahasiswa calon lulusan guru. Kegiatan asistensi mengajar dilakukan oleh siswa di lembaga pendidikan seperti SD, SMP dan SMA. Sebuah sekolah di mana pelatihan pendidikan dapat ditempatkan di  kota atau di daerah tempat tinggal mahasiswa.

Kegiatan asisten pengajar meliputi kegiatan akademik, adaptasi teknologi  pembelajaran, manajemen sekolah, non akademik, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan konversi mata kuliah yang diambil. Melalui program ini, mahasiswa diharapkan  mendapatkan pengetahuan baru dan kesempatan  untuk mendapatkan pengalaman dalam berbagai disiplin ilmu selama mengikuti Program Asistensi Mengajar.

Tujuan dari program kegiatan asistensi mengajar secara umum yaitu:

  • Membantu guru melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran dan inovasi pembelajaran.
  • Membantu guru dalam mengembangkan program pendidikan di sekolah.
  • Membantu sekolah dalam mengembangkan perangkat pendukung pembelajaran.
  • Membantu kepala sekolah dan guru mengelola administrasi sekolah.
  • Menumbuhkan wawasan, kepribadian dan pengalaman mahasiswa.
  • Meningkatkan peran dan kontribusi yang sesungguhnya dari perguruan tinggi dan mahasiswa untuk pembangunan negara.

Salah satu dari program yang dilakukan mahasiswa adalah melakukan pelatihan. Pelatihan yang dilakukan yaitu pelatihan pembuatan media pembelajaran Linktree. Pelatihan dilaksanakan pada hari Jumat, 12 November 2021 yang diikuti oleh beberapa guru di SDN Kauman 2 Kota Blitar.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Kegiatan pelatihan ini juga menghasilkan produk berupa buku panduan pembuatan media pembelajaran. Dalam buku ini berisi panduan untuk membuat media pembelajaran Linktree, Video pembelajaran, PPT interaktif, dan yang lainnya. Buku ini diberikan kepada Kepala Sekolah SDN Kauman 2 Kota Blitar.

Penulis: Dwi Fitria Indriani (PGSD-180151602061)

Pembimbing: Yuniawatika S.Pd., M.Pd.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan