Mohon tunggu...
KKN Reguler UM Donomulyo 2022
KKN Reguler UM Donomulyo 2022 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Univesitas Negeri Malang Tahun 2022 Desa Donomulyo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Mahasiswa KKN UM Tahun 2022 Mempromosikan Potensi Dusun Bandung di Desa Donomulyo melalui Publikasi Video Profil

4 November 2022   17:32 Diperbarui: 4 November 2022   17:35 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Proses Pengambilan Gambar (Dokpri)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Negeri Malang (UM) tahun 2022 selama bulan September-November telah membuat video profil dengan temuan potensi-potensi yang terdapat di Dusun Bandung, Desa Donomulyo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Pembuatan video profil tersebut merupakan salah satu program kerja berupa media elektronik audio-visual yang bertujuan untuk memperkenalkan atau mempromosikan potensi yang ada kepada masyarakat luas melalui media sosial.

"Dusun Bandung memiliki Pondok Pesantren IX Lirboyo sebagai pendukung visi dan misi unggulan 'Desa Religi' dan 'Desa Wisata', perkebenunan tebu dan melon, yang sebagian besar wilayahnya merupakan perkebunan tebu sebagai pendukung visi dan misi unggulan 'Desa Perkebunan'. Selain itu, terdapat beberapa sumber mata air yang dapat menjadi potensi, tetapi perkembangannya masih terbatas," ungkap Pak Heri selaku Kepala Dusun Bandung dengan bangga memperkenalkan potensi yang ada.

Salah Satu Perkebunan Tebu (Dokpri)
Salah Satu Perkebunan Tebu (Dokpri)

Satuan tugas pembuatan video diketuai oleh Salsabila Andhiti yang dibantu Aulia Amara Asha, Winny Febriana, Dwi Apriani, Bryant Putratama, Widyan Hirzi, dan Mohammad Fariza Iqbal melakukan kunjungan ke seluruh RW yang terdapat di Dusun Bandung untuk mendata sarana dan parasarana serta perkebunan di setiap RW, lalu dengan tekun melakukan survei untuk mencari potensi, dilanjutkan dengan pembuatan skenario, dan pengambilan footage berbasis sinematik untuk membuat video profil yang harapannya dapat menarik perhatian masyarakat luas.

"Saya berterima kasih atas pembuatan Video Profil Dusun Bandung sangat bermanfaat untuk memperkenalkan Dusun Bandung dan potensi-potensinya kepada masyarakat luas," tutur Pak Sugianto selaku Sekretartis Desa Donomulyo.

Video profil ini berisi tentang luas wilayah dan jumlah penduduk, sarana dan prasarana serta perkebunan yang terdapat di Dusun Bandung untuk mendukung tiga visi dan misi unggulan Desa Donomulyo, yaitu "Desa Religi", "Desa Wisata", dan "Desa Perkebunan". Selain itu, juga menunjukkan hal-hal yang menarik sekaligus dapat menjadi potensi, seperti pemandangan yang indah di setiap lahan perkebunan dan sumber mata air yang berfungsi sebagai aliran air ke rumah-rumah penduduk.

Salah Satu Sumber Mata Air, Sumber Kembar (Dokpri)
Salah Satu Sumber Mata Air, Sumber Kembar (Dokpri)

Hasil dari pembuatan video profil Dusun Bandung diunggah pada kanal youtube KKN Reguler UM Donomulyo 2022 dengan judul "Video Profil Dusun Bandung (Desa Donomulyo) 2022" yang dapat dicari di internet.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun