Mohon tunggu...
KKN UM Sengon
KKN UM Sengon Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

KKN UM Sengon 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Masterplan Wisata Bukit Gua Biru, Karya Tim KKN Universitas Negeri Malang Guna Meningkatkan Potensi Wisata Desa Sengon

15 November 2022   17:36 Diperbarui: 15 November 2022   17:42 474
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyerahan Poster dan Modul Program Kerja kepada Kepala Desa Sengon (Dokpri)

Desa Sengon merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Desa ini memiliki berbagai macam potensi dalam berbagai bidang yang dapat dikembangkan. Potensi yang ada di Desa Sengon seperti penghasilan olahan kayu, penghasil olahan bambu terutama olahan bambu berupa besek, dan potensi wisata bukit gua biru yang menyajikan view yang indah berupa pemandangan Kota Trenggalek dan Bendungan Bagong.

Potensi wisata berupa wisata bukit gua biru menjadi salah satu yang menjanjikan dan sangat disayangkan jika tidak ada tindak lanjut yang jelas dalam pengembangan wisata tersebut kedepannya. Maka dari itu tim KKN Universitas Negeri Malang (KKN UM) berinisiatif untuk membuat Masterplan Wisata Bukit Gua Biru guna membantu menambahkan referensi untuk pengembangan Wisata Bukit Gua Biru tersebut agar dapat dikembangkan lebih baik.

Wisata Bukit Gua Biru tam (Dokpri)
Wisata Bukit Gua Biru tam (Dokpri)
Proses pembuatan masterplan dimulai dari survei langsung Tim KKN UM ke Wisata Bukit Gua Biru bersama Kepala Desa Sengon. Dalam survei tersebut di dapatkan gambaran fisik keseluruhan area wisata bukit gua biru yang selanjutnya akan di gambarkan secara digital 2D menggunakan aplikasi AutoCAD. Setelah survei tersebut maka tim KKN UM berdiskusi tentang komponen dan konsep apa saja yang akan dituangkan dalam masterplan wisata gua biru tersebut. Dalam hasil diskusi tersebut didapatkan beberapa komponen yang akan dimasukkan kedalam wisata bukit gua biru seperti panggung hiburan, taman edukasi lilin, cafetaria dan lain sebagainya. Setelah itu Tim KKN UM membutuhkan beberapa kali survei lagi untuk memastikan bentuk kontur dan ukuran area Wisata Bukit Gua Biru yang awalnya digambarkan dalam bentuk 2D dan kemudian akan di gambarkan lagi menjadi bentuk 3D menggunakan aplikasi SketchUp dengan bentuk kontur yang sudah didapatkan dari survei tersebut. Dari hasil render SketchUp tersebut dapat disusun masterplan dalam bentuk modul.

Dengan dibuatnya Modul Masterplan Wisata Bukit Gua Biru ini diharapkan adanya referensi untuk pengembangan wisata yang ada di Desa Sengon agar lebih jelas dan terarah. Diharapkan juga dengan ini semua komponen masyarakat dapat menyatukan ide dan pikiran tentang pengembangan wisata bukit gua biru dan dapat terlibat secara langsung dalam pengembangan wisata ini. Pada akhirnya pengembangan wisata gua biru ini diharapkan dapat menjadi pendongkrak perekonomian masyarakat sekitar khususnya masyarakat Desa Sengon.

(Dokpri)
(Dokpri)

Penyerahan Poster dan Modul kepada Kepala Desa Sengon (Dokpri)
Penyerahan Poster dan Modul kepada Kepala Desa Sengon (Dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun