Mohon tunggu...
KKN Purwoasri Jember
KKN Purwoasri Jember Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa KKN Kolaborasi, sepakbola, berminat ke topik seni dan budaya, Lingkungan hidup dll

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Kolaboratif Perkenalkan Strategi Pemasaran melalui Digital Marketing

25 Agustus 2022   13:35 Diperbarui: 25 Agustus 2022   13:42 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN Kolaborasi yang bertempat di Desa Purwoasri memiliki dua program kerja yaitu verifikasi dan validasi DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) serta memanfaatkan potensi yang ada di Desa. Setelah melakukan meyelesaikan target pada program kerja verifikasi dan validasi  DTKS kelompok 11 melanjutkan program kerja yang kedua. Pada tema potensi desa, mengambil salah potensi desa mengenai kewirausahaan yang ada di Desa yaitu Home Industry Kelor. Bahan yang dipakai pada home industry ini yaitu daun kelor yang dimanfaatkan menjadi beberapa bentuk olahan seperti teh kelor, tepung kelor, kerupuk beras kelor, kripik pisang kelor, serta kerupuk beras kelor.

Home Indutry Kelor ini mempunyai nama yaitu Kelorasa. Pemasaran dari olahan kelorasa sendiri hanya terbatas yakni melalui WhatsApp saja. Melihat keterbatasan dari pemasaaran tersebut kelompok 11 tertarik untuk membantu pemasaran serta melakukan rebranding. Membantu memperluas pemasaran diharapkan dapat membantu produk olahan Kelorasa dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat.

Sabtu (20/8) Kelompok 11 KKN Kolaborasi mengunjungi tempat kelorasa dan bertemu langsung dengan pemilik. Pada pertemuan ini membahas menganai logo baru yang akan di gunakan untuk menampilkan wajah baru bagi kelorasa tetapi tidak mengurangi atau menghilangkan ciri khas dari kelor itu sendiri. Sebanyak empat pilihan logo yang berikan sebagai pilihan kemudian terpilih satu yang akan menjadi logo tetap.

KKN Kolaborasi
KKN Kolaborasi

Selain membuat logo baru untuk kelorasa, kelompok 11 juga membuatkan akun untuk penjualan kelorasa. Instagram serta Tokopedia menjadi pilihan dalam pemasaran secara online. Pembuatan Instagram dilakukan untuk menunjukan produk dari kelorasa secara menarik serta membantu penjualanny. Sedangkan Tokopedia yang dibuat untuk membantu pemasaran produk menjadi lebih luas dan merupakan salah toko e-commerce yang banyak penggunanya.

Selain membuat akun Instagram serta Tokopedia, kelompok juga membantu memasarkan pada toko oleh-oleh yang berada di Jember, Jawa Timur. Mahasiswa KKN Kolaborasi berharap dengan adanya bantuan dalam pemasaran produk kelorasa dapat membantu penjualannya. Jangkauan dari pembelian kelorasa juga semakin meluas dan membantu dalam bidang perekonomian. Kegiatan ini juga dapat menambah pengalaman bagi mahasiswa yang ikut serta.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun