Mohon tunggu...
KKNPamulang
KKNPamulang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

KKN Tim II Universitas Diponegoro Kecamatan Pamulang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Digital yang Digunakan Mahasiswa KKN Undip Kecamatan Pamulang untuk Mengembangkan UMKM

15 Agustus 2022   17:36 Diperbarui: 15 Agustus 2022   17:45 37 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Program Sosialisasi Oleh Pihak Pembangunan Kelurahan dan Penulis. ( Dokumentasi Pribadi )

Tangerang Selatan -- Pandemi COVID-19 adalah pandemi dari virus corona yang pertama kali diidentifikasi pada Desember 2019 di Wuhan, Cina (WHO, 2020). Dan Indonesia pertama kali mengkonfirmasi kasus COVID-19 pada 2 Maret 2020 dengan Bapak Presiden Joko Widodo mengumumkan ada dua orang Indonesia positif terjangkit virus corona pada saat itu. 

Munculnya virus covid-19 ini memberikan banyak sekali dampak kepada seluruh masyarakat di dunia. Tidak hanya mengganggu perekonomian seluruh negara tetapi juga menurunkan populasi manusia. Indonesia juga sangat terdampak dari seluruh aspek, seperti ekonomi, kesehatan, pariwisata, dan lain-lain. 

Dari aspek ekonomi banyak sekali masyarakat Indonesia yang terdampak seperti maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK), perusahaan banyak yang tutup dan lain sebagai nya. Hal ini menyebabkan masyarakat Indonesia banyak yang kehilangan pendapatannya dan kekayaan yang berkurang.

Oleh karena itu, Penulis mengadakan program pemulihan ekonomi di salah satu kelurahan yaitu kelurahan benda baru dengan cara UP2K (Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga), melalui sosialisasi UMKM bersama pihak pembangunan kelurahan. Program ini diadakan dengan cara sosialisasi bersama pembicara dan seksi pemerintahan kelurahan benda baru kepada ibu-ibu RW benda baru mengenai bagaimana membangun usaha dari rumah, dengan menjalankan pelatihan usaha online sekaligus memajukan UMKM daerah.

Program Sosialisasi Oleh Pihak Pembangunan Kelurahan dan Penulis. ( Dokumentasi Pribadi )
Program Sosialisasi Oleh Pihak Pembangunan Kelurahan dan Penulis. ( Dokumentasi Pribadi )
Pada hari kamis (07/07/2022), Penulis mengadakan program sosialisasi dengan bekerja sama dengan para anggota kelurahan dan juga pihak eksternal pembangunan kelurahan yang bertujuan untuk memberikan ilmu tentang menciptakan dan mengembangkan sebuah UMKM dari rumah masing-masing dengan system digital. 

Dengan penerapan digital ini, diharapkan para masyarakat benda baru dapat mengembalikan perekonomiannya masing-masing dan juga menambah pendapatan dari rumah. 

Poster UMKM Melek Digital Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Dokpri 
Poster UMKM Melek Digital Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Dokpri 

Dengan adanya program sosialisasi ini, banyak sekali masyarakat khusus nya ibu-ibu kelurahan benda baru yang antusias mengikuti program ini, karena program ini membantu sekali masyarakat kelurahan benda baru dalam meningkatkan pendapatan mereka. Selain itu, setelah program ini dijalankan sudah ada beberapa masyarakat yang sudah menciptakan usaha nya masing-masing secara offline maupun online.

Nama Penulis : Muhammad Khalifah Fahima (S1 Ekonomi -- Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
DPL : Muhammad Mu'in, S.Kep., M.Kep., Ns.S
Lokasi KKN : Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang
Tangerang Selatan, Banten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan