Mohon tunggu...
KKN UM NGENTRONG
KKN UM NGENTRONG Mohon Tunggu... Mahasiswa UM

Menjadi kuliah kerja nyata yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat desa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif di Desa Ngentrong Kabupaten Trenggalek

14 Juli 2019   07:37 Diperbarui: 14 Juli 2019   07:55 0 1 0 Mohon Tunggu...
Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif di Desa Ngentrong Kabupaten Trenggalek
dokpri

Meningkatkan Kompetensi dan Kreativitas Guru Dengan Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran 'PowerPoint Interaktif' di Desa Ngentrong Kabupaten Trenggalek

18 Juni 2019, Mahasiswa dan Mahasiswi dari Universitas Negeri Malang yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Ngentrong Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek telah melaksanakan suatu pelatihan bagi guru-guru SD di Desa Ngentrong. 

Pelatihan tersebut dinamakan dengan "Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran 'Powerpoint Interaktif' untuk Guru SD di Desa Ngentrong.18 Juni 2019, Mahasiswa dan Mahasiswi dari Universitas Negeri Malang yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Ngentrong Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek telah melaksanakan suatu pelatihan bagi guru-guru SD di Desa Ngentrong. Pelatihan tersebut dinamakan dengan "Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran 'Powerpoint Interaktif' untuk Guru SD di Desa Ngentrong.

Apa itu 'Powerpoint Interaktif' ? Interaktif Powerpint yang dimaksud yaitu membuat suatu persembahan slide secara interaktif yang disusun dalam bentuk menu-menu. Elemennya ada teks, grafik, audio, video, animasi, gambar, dan menu hyperlink.

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk pengabdian di dalam dunia pendidikan yaitu dengan cara membantu dalam meningkatkan kompetensi guru. Setelah mengikuti pelatihan diharapkan guru akan terdorong motivasinya untuk memperbaiki kinerja, cara pembelajaran dan penyegaran ilmu.

Di Desa Ngentrong sendiri terdapat 2 Sekolah Dasar, untuk itu pelatihan ini dilaksanakan di dua tempat, yakni SDN 1 Ngentrong dan SDN 2 Ngentrong. Untuk itu peserta KKN dibagi menjadi 2 kelompok untuk melaksanakan pelatihan. Dengan itu, semua guru di Desa Ngentrong dapat mengikuti pelatihan tersebut.   Dan pelatihan tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB.

Pelatihan media pembelajaran powerpoint interaktif ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuat powerpoint yang interaktif, sehingga bisa mempermudah dalam proses pembelajaran dan merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan peserta didik sehingga dapat mendorong terlaksananya proses belajar. Berdasarkan hal tersebut, guru membutuhkan contoh media pembelajaran berbasis  powerpoint yang interaktif dalam proses pembelajaran di kelas.

Hasil dari pelatihan pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif ini bertujuan agar guru dapat membuat dan menggunakan powerpoint interaktif secara mandiri dan kreatif. Oleh karena itu pelatihan pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif mempunyai kualitas sangat baik dan layak  untuk dilaksanakan.

dokpri
dokpri