Mohon tunggu...
Kkn Mororejo
Kkn Mororejo Mohon Tunggu... kkn

pokok yakin looosss

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendampingan Optimalisasi Administrasi Perpustakaan di SDN Mororejo 2

10 Juli 2019   17:21 Diperbarui: 10 Juli 2019   17:25 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pendampingan Optimalisasi Administrasi Perpustakaan di SDN Mororejo 2
dokpri

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
KKN UM Mororejo melakukan pengabdian di SDN Mororejo 2. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa perpustakaan di SDN Mororejo 2 belum sesuai dengan standar Perka Perpusnas. Dimana perpustakaan merupakan standar minimal pelayanan sekolah. Sebagai sarana pelayanan minimal sekolah, perpustakaan harus didayagunakan secara maksimal sesuai dengan tujuan dan fungsi perpustakaan sekolah. Maka dari itu diperlukan adanya  manajemen perpustakaan sekolah yang memadai. Dengan adanya program KKN di Desa Mororejo, mahasiswa KKN UM melakukan pendampingan optimalisasi administrasi perpustakaan di SDN Mororejo 2. 

Pendampingan ini dilakukan dengan berkoordinasi dengan kepala sekolah, pustakawan, guru, dan siswa di SDN Mororejo 2. Tahapan pendampingan yaitu menata ulang tata kelola perpustakaan baik administrasi maupun ruangan.  Kegiatan pembenahan tata kelola perpustakaan meliputi tata administrasi terdiri dari rekapitulasi buku pengunjung dan rekapitulasi buku peminjaman dan pengembalian. Dimana administrasi tersebut sama sekali belum ada di perpustakaan. 

Selain itu, juga melakukan pembenahan tata ruang dan rak buku (shelving).  Tata ruang dibenahi dengan mempercantik dekorasi ruangan dan menata ulang meja baca. Kemudian rak buku ditata ulang dan disesuaikan dengan klasifikasi sesuai dengan mata pelajaran. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa SDN Mororejo 2 dan juga manajemen perpustakaan dapat dikelola dengan baik.