Mohon tunggu...
KKN MBKM SIDODADI UM 2022
KKN MBKM SIDODADI UM 2022 Mohon Tunggu... Editor - 31 Januari 2022 - 22 Mei 2022

Akun publikasi kegiatan KKN MBKM Membangun Desa Universitas Negeri Malang Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Kreatif dengan Memanfaatkan Bahan Bekas bagi Guru SD Desa Sidodadi

18 Mei 2022   23:09 Diperbarui: 18 Mei 2022   23:15 1245
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Foto bersama peserta workshop (guru SD di Desa Sidodadi dan pelaksana kegiatan (kelompok KKN MBKM Universitas Negeri Malang 2022) Dokpri

(21/3) Mahasiswa KKN MBKM UM 2022 melaksanakan Kegiatan Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Kreatif dengan Memanfaatkan Bahan Bekas bagi Guru SD Desa Sidodadi, Kec. Ngantang, Kab. Malang.

Kegiatan workshop ini terdiri dari pemaparan materi, lalu dilanjutkan dengan pembuatan media pembelajaran oleh peserta didampingi oleh pemateri.

Gambar 2. Pembuatan media pembelajaran papan operasi bilangan bulat (Dokpri)
Gambar 2. Pembuatan media pembelajaran papan operasi bilangan bulat (Dokpri)

Dalam materi yang disampaikan tentang pentingnya pembelajaran matematika disebutkan bahwa pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang kurang diminati siswa. 

Selain diperlukan konsentrasi lebih untuk memahaminya, kurangnya keterampilan guru dalam menyampaikan materi membuat siswa tidak tertarik pada mata pelajaran ini. Namun, dalam kehidupan sehari -- hari matematika banyak digunakan dalam berbagai aspek mulai dari hal sederhana hingga hal yang kompleks. 

Oleh karena itu guru harus memiliki keterampilan dalam merancang dan melaksanakan pebelajaran sehingga  materi dapat tersampaikan kepada siswa dengan baik. Sehingga keterampilan guru dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam pembelajaran. 

Pembelajaran yang berhasil dan kondusif biasanya diukur dengan tingkat pemahaman materi pembelajaran melalui nilai tes dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran.

Gambar 3. Pembuatan media pembelajaran papan diagram batang (Dokpri)
Gambar 3. Pembuatan media pembelajaran papan diagram batang (Dokpri)

Kemudian dijelaskan juga jalan yang dapat ditempuh untuk meningkatkan efesiensi pembelajaran matematika di sekolah dasar dan alternatif yang bisa digunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai yaitu melalui penggunaan media pembelajaran yang tepat.

Media pembelajaran dapat menjembatani konsep-konsep matematika yang abstrak menjadi lebih konkrit, sehingga siswa lebih mudah dalam menyerap informasi yang disampaikan. Sehingga media pembelajaran juga memegang peran penting dalam proses pembelajaran yang efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun