Mohon tunggu...
KKN MBKM MD Desa Wonokerso
KKN MBKM MD Desa Wonokerso Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Kami adalah mahasiswa yang sedang menempuh KKN MBKM MD di Desa Wonokerso periode 22 Agustus 2022 - 16 Desember 2022 yang dibimbing oleh Ibu Hanjar Ikrima Nanda S.Pd, M. Akun

Selanjutnya

Tutup

Healthy

SDN di Wonokerso Galakkan Tindakan Preventif Kanker Serviks dengan Imunisasi HPV

28 November 2022   12:32 Diperbarui: 28 November 2022   12:48 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wonokerso- Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang mematikan dan menyerang organ leher rahim sehingga menyebabkan kematian pada wanita di dunia. Penyebab kanker serviks 99,7% disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV) dan menginveksi serviks melalui kontak seksual. Kanker serviks dapat dicegah dan bila terdeteksi lebih awal dapat disembuhkan 100%. Imunisasi HPV merupakan bentuk pencegahan primer pada kanker serviks yang mendapatkan izin pertama kali pada tahun 2006 dan direkomendasikan oleh WHO untuk dimasukkan ke dalam program imunisasi nasional.

Namun sangat disayangkan bahwa di Indonesia masih belum memanfaatkan imunisasi HPV secara maksimal. Masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum mengenal serta memahami kanker serviks beserta pentingnya melakukan imunisasi HPV. Selain itu, harga imunisasi HPV yang begitu mahal apabila melakulan imunisasi secara mandiri, membuat masyarakat mengesampingkan pentingnya imunisasi HPV.

Imunisasi HPV secara primer diberikan untuk anak perempuan usia 9-14 tahun, karena pada usia tersebut anak masih belum aktif secara seksual. Di samping itu, anak juga mempunyai sistem imunitas tubuh yang lebih baik dibandingkan orang dewasa, sehingga dosis pemberian vaksinasi HPV pada anak yaitu sebanyak dua kali.

SDN 1, 2, dan 3 Wonokerso menyelenggarakan imunisasi HPV melalui BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) pada 27 September 2022 dengan bantuan Bidan Desa Wonokerso dan Mahasiswa KKN MBKM MD Universitas Negeri Malang. Sasaran dari pelaksanaan imunisasi HPV tersebut yakni siswi kelas 5. Pelaksanaan imunisasi HPV dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB sampai selesai dengan bergilir secara urut dari SDN 1 Wonokerso hingga SDN 3 Wonokerso. Sebelum para siswi diberi imunisasi HPV, Mahasiswa KKN MBKM MD Universitas Negeri Malang mendata terlebih dahulu melalui pengumpulan lembar informed consent para siswi yang sudah ditanda tangani oleh orang tua masing-masing. Setelah mengklasifikasikan siswi yang telah disetujui untuk melakukan imunisasi, siswi langsung diberikan imunisasi HPV oleh Bidan Desa Wonokerso.

dokpri
dokpri

Pelaksanaan imunisasi HPV menjadi salah satu upaya dalam memenuhi Sustainable Development Goals (SDGs) poin 3 tentang Good Health and Well Being atau dapat dikatakan menjamin kehidupan yang sehat dan mempromosikan kesejahteraan untuk semua. Dalam hal ini tujuan yang ingin dicapai adalah kesehatan bagi semua masyarakat baik dari kalangan usia muda maupun kalangan usia tua, serta semua manusia yang ada di dunia dapat merasakan kesejahteraan tanpa memandang usia dan status sosial ekonomi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun