Mohon tunggu...
KKN MBKM MD
KKN MBKM MD Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

KKN MD Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pemberdayaan Siswa-siswi SD Melalui Kegiatan Senggreng's School Gathering

19 November 2022   00:09 Diperbarui: 19 November 2022   00:22 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universitas Negeri Malang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur. Universitas Negeri Malang atau biasanya dipanggil dengan nama UM terkenal sebagai kampus yang sering mencetak lulusan dengan mutu dan kualitas yang bagus. 

Hal itu bisa terjadi tentu saja karena UM memiliki metode mendidik yang memang ditujukan untuk mempersiapkan mahasiswanya agar siap untuk mengabdi kepada masyarakat setelah mereka lulus dari UM nantinya. Salah satu kegiatan yang saat ini dilaksanakan UM dalam upaya mempersiapkan mahasiswanya adalah program Merdeka Belajar Kampus Merdeka - Membangun Desa (MBKM-MD) dengan tema Desa Inovatif Desa Produktif.

Program MBKM-MD yang dilaksanakan oleh UM ini adalah wujud nyata dari pengabdian UM kepada masyarakat, terutama masyarakat desa. Program MBKM-MD sendiri terdiri dari beberapa pilihan kegiatan yang dapat diikuti oleh mahasiswa program studi kependidikan maupun non-kependidikan Strata Satu (S1).

Kegiatan yang dapat dipilih itu salah satunya adalah kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dalam pelaksanaannya, mahasiswa akan ditempatkan di desa yang sudah bermitra dengan UM dan selanjutnya mahasiswa diberikan tugas untuk menyusun program kerja (proker). Program kerja yang disusun oleh mahasiswa tersebut diharapkan akan memberi dampak atau perubahan yang besar terhadap desa.

Dokpri
Dokpri

Salah satu desa yang menjadi mitra UM sebagai tempat pelaksanaan kegiatan KKN adalah Desa Senggreng yang berlokasi di Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Mahasiswa peserta KKN kemudian diminta untuk menganalisis permasalahan yang ada di Desa Senggreng untuk menentukan program apa yang sesuai dan dapat membantu kemajuan dari Desa. 

Salah satu masalah yang ditemukan di Desa Senggreng adalah tidak adanya kegiatan dari Desa yang ditujukan untuk memberdayakan dan melatih skill dari siswa siswi sekolah dasar. Dari permasalahan itu mahasiswa peserta KKN UM kemudian membentuk sebuah program dengan tujuan untuk memberdayakan siswa-siswi tingkat sekolah dasar yang ada di Desa Senggreng.

Program kerja pemberdayaan itu kemudian diberi nama Senggreng's School Gathering (SSG), sebuah program kerja yang memiliki tujuan untuk memberdayakan siswa-siswi sekolah dasar dengan menggunakan serangkaian kegiatan lomba sebagai media pelaksanaannya.

Dokpri
Dokpri

Senggreng's School Gathering memiliki tujuan utama untuk memberdayakan siswa-siswi sekolah dasar yang ada di Desa Senggreng. Selain itu, Senggreng's School Gathering juga memiliki tujuan untuk melatih dan mempersiapkan siswa-siswi SD tersebut agar mereka siap berkompetisi dan memiliki jiwa seorang juara. Senggreng's School Gathering terdiri dari tiga rangkaian perlombaan yang dipilih berdasarkan manfaatnya bagi siswa-siswi SD nantinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun