Mohon tunggu...
KKN MACANBANG 2021
KKN MACANBANG 2021 Mohon Tunggu... Macanbang, Tulungagung

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembukaan Kuliah Kerja Nyata Pulang Kampung Universitas Negeri Malang di Desa Macanbang, Tulungagung

16 Juni 2021   00:15 Diperbarui: 16 Juni 2021   01:14 83 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembukaan Kuliah Kerja Nyata Pulang Kampung Universitas Negeri Malang di Desa Macanbang, Tulungagung
Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang dan Perangkat Desa Macanbang-dokpri

Hari Senin, 14 Juni 2021 mahasiswa Universitas Negeri Malang melakukan Pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Macanbang. Pembukaan KKN dimulai pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB. Tempat terselenggaranya pembukaan KKN tersebut di Balai Rumah Bapak Warkamto Arifiono selaku Kepala Desa Macanbang. Pembukaan KKN di Desa Macanbang dihadiri sebagian perangkat desa yaitu ketua kelembagaan desa di antaranya ketua BUMDES, Ketua Karangtaruna, Ketua Lembaga Adat Desa, dll dikarenakan ada kegiatan vaksinasi di kantor desa. Serta 17 mahasiswa KKN dari berbagai jurusan di Universitas Negeri Malang.

Sambutan Bapak Kepala Desa Macanbang-dokpri
Sambutan Bapak Kepala Desa Macanbang-dokpri

Mahasiswa yang mengikuti KKN di desa ini merupakan mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Tulungagung oleh karena itu KKN ini dinamakan KKN “Pulang Kampung”. Salah satu tujuan adanya KKN pulang kampung ini agar mahasiswa yang berasal dari daerah tertentu dapat mengabdi didaerahnya sendiri. Karena KKN tahun ini masih dalam edisi Covid-19, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dengan mematuhi protokol kesehatan dengan ketat, mulai dari disediakannya handsanitizer, masker, dan tempat duduk yang berjarak.

Pembukaan KKN Macanbang dengan mematuhi protokol kesehatan-dokpri
Pembukaan KKN Macanbang dengan mematuhi protokol kesehatan-dokpri

Acara pembukaan KKN tersebut dipandu oleh Alvira Rizka sebagai pembawa acara, selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan dirijen saudari Anggista. Dalam acara tersebut koordinator desa Ramadhana Hari Murti memberikan sambutan berupa permohonan izin, bimbingan dan ucapan terimakasih kepada perangkat desa. Selanjutnya Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Fadia Zen S.E, M.M. juga memberikan sambutan. Kepala Desa Macanbang yaitu Bapak Warkamto Arifiono juga turut memberikan sambutan dengan memberikan pesan kepada mahasiswa serta mengenalkan kesenian desa dan kegiatan warga di desa tersebut. Dalam acara ini dibuka oleh bapak Kepala Desa dengan simbolis pemotongan tumpeng. Acara tersebut di tutup dengan dengan doa yang dipimpin oleh saudara Zainur dan di akhiri dengan foto bersama.

Simbolis Pembukaan KKN Desa Macanbang dengan pemotongan tumpeng-dokpri
Simbolis Pembukaan KKN Desa Macanbang dengan pemotongan tumpeng-dokpri

Pelaksanaan KKN akan berjalan 45 hari dan tahun ini masih dalam edisi Covid-19 jadi mahasiswa belum bisa selalu berada  di desa. Untuk itu nanti pelaksanaan program kerja akan bergilir. Dan selalu dengan protokol kesehatan yang ketat. KKN ini akan berjalan 45 hari yang akan diisi dengan berbagai program kerja. Harapan mahasiswa yang mengikuti KKN di Desa Macanbang ini program kerja yang dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat desa dan mahasiswa KKN.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x