Kedungkebo (5/8) -- Pelayanan secara maksimal kepada masyarakat adalah sebuah kewajiban yang harus dipenuhi oleh pemerintah, baik pemerintah pusat atau pemeritah daerah.Â
Dalam upaya meningkatkan pelayanan tersebut diperlukan SOP (Standard Operational Procedure) yang baik dan terorganisir sehingga terbentuk pelayanan yang prima dan optimal kepada masyarakat.
Mahasiswa KKN Tim II UNDIP di Desa Kedungkebo membantu Pemerintah Daerah Desa Kedungkeboberupa dalam penyusunan SOP pelayanan desa dikarenakan belum jelasnya alur pelayanan di Desa Kedungkebo.Â
Hal ini juga didukung dengan kurangnya pengetahuan masyarakat serta belum ada petunjuk alur pelayanan di Balai Desa Kedungkebo yang dapat dijadikan acuan oleh masyarakat.Â
Diharapkan dengan penyusunan SOP tersebut dapat mempermudah masyarakat mendapatkan informasi tentang alur dan pelayanan desa, sekaligus mendorong terwujudnya palayanan prima.
Selain itu, untuk mendorong efektifitas pelayanan, Mahasiswa KKN juga membantu Pemerintah Desa Kedungkebo untuk mengembangkan digitalisasi pelayanan yang terintegrasi dengan SOP yang telah diberikan sehingga semakian memudahkan kedua belah pihak untuk memenuhi hak dan kewajiban dalam pemenuhan layanan publik.Â
Layanan yang dikembangkan mahasiswa Mahasiswa KKN Tim II UNDIP berbasis website sehingga warga dapat mengakses jenis pelayanan yang dapat diberikan oleh Pemerintah Desa Kedungkebo secara real time, seperti keperluan mengurus akte, surat izin usaha, dan sebagainya.Â
Kepala Desa Kedungkebo, Irawan Eko, menyambut baik dan berterima kasih terkait inovasi layanan masyarakat yang dikembangkan oleh Mahasiswa KKN Tim II UNDIP di Desa Kedungkebo. Kepala Desa Irawan berharap dengan inovasi tersebut dapat meningkatkan kualitas dan aksesibilitas bagi seluruh masyarakat Desa Kedungkebo.